Ini Dia 6 Penyakit Yang Paling Sering Diderita Bayi!

bayi sakit

penyakit pada bayi – Semua orang tua tentunya tidak ingin buah hatinya terserang suatu penyakit. Khususnya pada bayi yang baru pertama lahir. Tapi bagaimanapun bayi yang baru lahir sangat mudah untuk terserang suatu penyakit. Berikut adalah 6 penyakit pada bayi yang sering terjadi :

Penyakit yang paling sering dialami pada bayi

  • Sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang paling sering dialami dan sangat umum terjadi pada bayi. Pola buang air besar pada anak berbeda – beda tergantung dengan pola makanannya sehari – hari, keaktifannya dalam melakukan suatu kegiatan dan juga seberapa cepat sistem pencernaannya dalam mencerna makanannya. Beberapa ciri jika bayi mengalami sembelit adalah dalam beberapa hari tidak buang air besar dan perutnya terasa kurang nyaman. Kemudian jika dalam buang air besar kotorannya susah keluar dan keras. Dengan ciri – ciri seperti itu sudah dipastikan jika bayi anda mengalami sembelit.

  • Batuk dan Pilek

Pada bayi sudah sangat umum mengalami batuk dan pilek ada banyak virus penyebab batuk dan pilek. Dan kekebalan tubuh pada bayi sangat rentan terkena virus dan tidak bisa melawan virus yang menyebabkan batu dan pilek. Dan terlebih lagi jika bayi anda aktif dalam melakukan segala hal seperti memasukkan sesuatu kedalam mulutnya. Batuk dan pilek umumnya menyerang pada saat musim hujan. Karena pada saat – saat yang seperti itu anda bersama keluarga anda sering menghabiskan waktu diruangan tertutup. Dan jika ada salah satu anggota terkena batuk dan pilek maka akan memudahkan virus untuk menular kepada yang lain. Seorang anak pada umumnya mengalami batuk dan pilek enam kali dalam setahun tapi juga perlu diwaspadai jika batuk dan pilek merupakan reaksi dari alergi atau penyakit serius lainnya.

  • Diare

Diare umumnya disebabkan karena virus atau infeksi bakteri. Diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat disertai dengan muntah, demam, dan sakit perut. Infeksi bakteri ini bisa disertai dengan buang air besar yang sertai oleh darah, demam, dan bahkan muntah yang berlebihan. Kadang – kadang alergi makanan dan juga reaksi obat – obatan dapat menyebabkan diare. Meminum jus yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab diare yang sering terjadi pada anak.

  • Ruam popok

Biasanya bayi mengalami ruam popok pada waktu sekitar empat minggu pertama saja. Ruam popok yang terjadi pada anak bukan berarti orang tua lalai dalam mengasuhnya tapi ruam popok pada bayi memang umum terjadi pada bayi meskipun anda sering mengganti popoknya. Ruam popok yang terjadi karena kulit bayi yang masih sangat sensitif.

  • Infeksi telinga

Infeksi telinga pada bayi sering terjadi karena ruang kecil yang ada dibelakang gendang telinga yang terhubung ke bagian belakang tenggorokan oleh saluran kecil yang disebut dengan eustachian. Apapun yang dapat menganggu sistem eustachian seperti batuk dan pilek atau bahkan alergi hal tersebut bisa menyebabkan infeksi pada telinga. Pemakaian dot yang terlalu lama dan juga memberi makan saat berbaring juga merupakan salah satu penyebab terjadinya infeksi pada telinga.

  • Muntah

Banyak orang tua yang mendefinisikan muntah itu sebagai salah satu tanda anak terserang penyakit yang disebabkan virus atau kesalahan dalam makan tapi muntah tidak selalu sebagai tanda – tanda bahwa anak anda mengalami penyakit. Kemungkinan penyebab lain seperti alergi, menelan sesuatu yang beracun, batuk, atau hanya terlalu lama menangis. Jika muntah yang disebabkan virus maka akan ada gejala lain seperti demam dan diare. Yang harus dicermati setelah anak muntah adalah produksi asam lambung yang pasti akan naik setelah muntah tersebut tetapi bukan berarti anak anda terkena asam lambung atau bahkan terkena maag. Perlu bunda ketahui naiknya asam lambung merupakan efek samping yang terjadi saat anak anda mengalami muntah.

Nah itulah beberapa tips mengatasi penyakit pada bayi yang perlu bunda ketahui. Selalu jaga kesehatan dan pola makan pada anak anda karena masa anak – anak merupakan masa dimana anak tersebut sangat mudah terserang penyakit dikarenakan daya tahan tubuh mereka yang lemah. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Ketahui Ciri – Ciri Asma Pada Balita!

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia 6 Penyakit Yang Paling Sering Diderita Bayi!"