Ini Lho Alasan Pentingnya Vaksin Untuk Anak

imun

Topik imunisasi atau vaksin akan selalu menjadi topik pembicaraan hangat, sekaligus menjadi bahan perdebatan yang tidak berujung. Anda mungkin sering mendengar perbedaan pendapat antara golongan pro-vaksin dan golongan anti-vaksin. Pihak kontra-vaksin pada umumnya menolak vaksin karena alasan vaksin mengandung berbagai macam zat kimia yang dapat mengakibatkan autisme. Tapi tahukah Anda bahwa hal tersebut ternyata berdasarkan riset palsu, dan teori vaksin mengakibatkan autisme sudah lama dipatahkan? Tahukah Anda alasan pentingnya vaksin untuk anak?
• Pentingnya vaksin untuk anak yang pertama adalah, Anda dapat memberikan perlindungan maksimal kepada anak Anda dari serangan-serangan penyakit yang dapat merenggut nyawanya. Puluhan tahun yang lalu, ribuan anak seusianya harus menyerah kepada maut akibat wabah penyakit campak, polio, dan penyakit-penyakit lainnya.

Sedangkan kini, semenjak ditemukannya vaksin penyakit-penyakit tersebut, kasus kematian anak akibat penyakit tersebut berkurang dengan drastis, bahkan bisa dibilang penyakit itu lenyap dari permukaan bumi. Vaksinasi merupakan ‘pengenalan pertama’ dari penyakit itu pada sistem antibodi tubuh. Sehingga jika pada beberapa tahun ke depan anak Anda terjangkit penyakit tersebut, sistem kekebalan tubuh Anda dapat bertindak lebih cepat untuk melindungi kesehatan anak Anda.

• Selain itu, harap diingat bahwa sebelum diberikan pada anak-anak, vaksinasi telah melalui berbagai macam penelitian. Dan penelitian tersebut tidak memakan waktu 1-2 tahun saja melainkan puluhan tahun. Reaksi tubuh berupa rasa sakit dan sedikit pembengkakan di sekitar lokasi kulit yang disuntik merupakan reaksi yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Anak dengan alergi terhadap vaksinasi pun terbilang sangat jarang. Dan omong-omong soal alergi vaksin, sampailah kita pada keuntungan ketiga dari vaksinasi anak, yaitu:

• Jika Anda memberlakukan vaksinasi lengkap tidak hanya pada anak dan diri Anda, tetapi juga pada orang-orang terdekat, maka Anda membantu terbentuknya herd immunity yang kuat. Apakah itu herd immunity? Herd immunity, atau kekebalan kawanan adalah suatu sistem dimana masyarakat atau sebuah kelompok membentuk sebuah kekebalan yang kuat terhadap berbagai macam jenis penyakit, sehingga secara tidak langsung mereka dapat melindungi pihak-pihak yang lebih rentan terhadap penyakit.

Vaksinasi merupakan cara yang paling tepat untuk membentuk herd immunity ini. Dengan vaksinasi, Anda tidak hanya dapat melindungi keluarga Anda dari penyakit, tetapi juga kelompok manusia yang tidak sedemikian beruntung dalam mendapatkan vaksinasi seperti bayi yang masih terlalu muda untuk menerima vaksin, orang-orang yang alergi terhadap vaksinasi, dan orang-orang yang memiliki sistem imunitas yang rendah.
Jadi, masih mau denial soal pentingnya vaksin untuk anak?

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho Alasan Pentingnya Vaksin Untuk Anak"