Ini Ternyata Penyebab Kaki O Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Momen saat si kecil sudah mulai mampu berdiri di kedua kakinya tentu menjadi hal yang sangat mengharukan bagi tiap orangtua. Saat pertama kali anak Anda belajar berdiri, pasti kakinya akan membentuk huruf O. Tapi Anda tidak perlu risau karena hal itu adalah hal yang wajar dan dengan seiring waktu kaki anak Anda akan lurus dengan sendirinya. Tapi, bagaimana jika bentuk kaki itu terus berlanjut hingga saat ia berusia 2 tahun? Anda perlu tahu penyebab kaki O pada anak dan juga cara mengatasinya.

To be honest, penyebab kaki O pada anak cukup beragam. Bentuk kaki yang bengkok atau genu varum ini bisa jadi disebabkan oleh penyakit rakhitis yang disebabkan defisiensi vitamin D. Selain itu, pengaruh berat badan berlebih pada bayi alias obesitas juga bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang kaki bayi. Tulang kaki bayi yang masih terlalu rentan tidak dapat menopang berat badan bayi yang lebih berat dari berat badan normal. Tapi untungnya resiko tersebut bisa diatasi jika bayi Anda diberikan menu diet yang menyehatkan untuk menurunkan bobotnya di usia balita.

Selain menyusunkan pola makan yang sehat untuk balita Anda, kaki O juga dapat diatasi dengan metode pengobatan yang lain. Tapi tentu saja langkah pertama yang harus Bunda ambil adalah berdiskusi dengan ahli ortopedi untuk mencari tahu metode pengobatan mana yang cocok untuk anak Anda. Tapi yang jelas jangan mengikuti saran beberapa orang untuk membedong erat kaki bayi Anda. Membedong kaki bayi terlalu rapat sering dipercaya sebagai cara untuk memperbaiki postur kaki bayi.

Padahal hal itu justru bisa mengakibatkan bayi mengalami kelainan displasia panggul, atau kondisi tulang sendi panggul yang tidak sejajar antara satu dengan yang lain. Ingat, bentuk kaki O atau X bayi berusia di bawah 2 tahun adalah hal yang sangat wajar. Jadi Anda tidak perlu terburu-buru memaksakannya untuk lurus. Anda hanya perlu berkonsultasi jika saat bayi menginjak usia 2 tahun ia masih tetap memiliki kaki bengkok.

Nah, semoga saja dengan mengetahui penyebab kaki O pada anak, Anda dapat dengan segera memberikan perawatan yang dibutuhkan. Dan bagi para Moms yang masih menjalani masa kehamilan, jangan lupa untuk memenuhi asupan makanan yang kaya akan vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang bayi Anda.

author
No Response

Leave a reply "Ini Ternyata Penyebab Kaki O Pada Anak dan Cara Mengatasinya"