Inilah Cara Atasi dan Penyebab Typus Pada Bayi

Inilah Cara Atasi dan Penyebab Typus Pada Bayi

Typus adalah penyakit infeksi pencernaan yang pada umumnya menyerang anak-anak dan orang dewasa. Namun hanya sedikit dari masyarakat yang mengetahui bahwa bayi pun dapat terserang typus. Mungkin memang terdengar hampir mustahil, apalagi mengingat tidak seperti anak-anak dan orang dewasa yang sudah mampu dan sering mengkonsumsi jajanan yang sehat, bayi bahkan belum dapat menerima makanan-makanan tersebut. Nah, berikut adalah cara atasi dan penyebab typus pada bayi.

Namun, sebelum mengetahui cara atasi dan penyebab typus pada bayi alangkah baiknya untuk sedikit mengetahui gejala dari penyakit ini. Gejala yang timbul akibat infeksi penyakit typus pada bayi memang sedikit samar, ditambah lagi dengan bayi belum dapat berkomunikasi dengan kata-kata. Anda perlu membawa bayi Anda ke dokter jika Anda menemukan gejala-gejala berikut: baca juga: 2 Gerakan Senam Hamil di Dalam Air Yang Wajib Dicoba

  • Bayi menderita demam yang naik turun dalam waktu lebih dari 5 hari
  • Bayi mengalami gangguan buang air besar, baik dalam bentuk gejala diare maupun konstipasi
  • Ujung lidah bayi berwarna putih pucat sedangkan kedua sisi tepi lidah bayi berwarna kemerahan
  • Bayi sering mengalami mual dan muntah-muntah. Anda wajib membawa bayi ke dokter jika ia sudah menunjukkan gejala ini, karena besar kemungkinan bakteri telah mencapai dan menginfeksi organ hati dan limpa yang mengakibatkan kedua organ tersebut membengkak.

Penyebab dari penyakit typus pada bayi adalah infeksi dari bakteri Salmonella Typhii. Bakteri ini berkembangbiak dengan subur di lingkungan yang kotor dan pada umumnya memasuki tubuh bayi melalui saluran pencernaan (mulut). Bayi berusia lebih dari 6 bulan dapat tertular penyakit typus dengan sangat mudah jika ibu tidak cermat dalam menjaga higienitas peralatan memasak dan  MPASI bayi.

Akan tetapi bisa juga bayi tertular bakteri salmonella saat ia masih berada dalam kandungan. Hal ini bisa terjadi jika saat mengandung Anda menderita typus. Bakteri ini dapat dengan mudah memasuki rahim dan menginfeksi janin melalui plasenta.

Untuk mengatasi dan mencegah bayi Anda dari terkena penyakit typus, Anda wajib membawa bayi Anda ke dokter agar ia mendapatkan perlakuan pengobatan yang diperlukan.  Anda juga perlu memperhatikan sanitasi lingkungan di tempat Anda tinggal. Terutama di area toilet dimana tempat tersebut bisa menjadi tempat yang paling disukai oleh bakteri Salmonella. Rajin-rajinlah mencuci tangan Anda dengan sabun anti-bakteri, terutama setelah Anda tiba di rumah dari bepergian.

Semoga artikel cara atasi dan penyebab typus pada bayi ini dapat memberikan manfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Cara Atasi dan Penyebab Typus Pada Bayi"