Inilah Tips Menjaga Mata Bayi Tetap Bersih

No comment 116 views

Mata merupakan jendela jiwa dan juga organ yang menjadi jendela bagi kita untuk melihat dunia. Dan bagi orangtua, salah satu hal yang sangat membahagiakan adalah melihat jauh ke dalam mata jernih sang buah hati. Idealnya, bayi akan memiliki sepasang mata yang jernih dan hal tersebut merupakan tanda bahwa bayi Anda memiliki mata yang sehat. Namun tidak jarang mata bayi terlihat berkabut, dan tentunya hal tersebut membuat Bunda merasa khawatir. Namun Anda dapat mengatasinya dengan tips menjaga mata bayi agar tetap bersih berikut ini.

Namun, sebelum Anda mengetahui tips menjaga mata bayi agar tetap bersih, Anda wajib mengetahui terlebih dahulu penyebab dari mata bayi Anda yang terlihat berkabut atau tidak bersih. Apabila mata bayi terlihat keruh selama 48 jam pasca persalinan, maka besar kemungkinan mata bayi Anda terkena air ketuban atau darah. Kotoran mata yang dihasilkan biasanya berwarna kecoklatan namun tidak berbau.

Namun, apabila mata bayi masih saja terlihat berkabut setelah melewati 48 jam maka bisa jadi mata bayi Anda terkena infeksi. Infeksi mata pada bayi bisa ditandai dengan adanya radang pada bagian mata berupa pembengkakan dan sklera mata bayi terlihat kemerahan. Kotoran mata bayi Anda berwarna kuning kehijauan dan berbau. Segera laporkan pada dokter jika Anda menemukan gejala di atas.

Mata keruh pada bayi juga bisa disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran air mata. Tersumbatnya saluran air mata ini dapat menyebabkan debu dan kotoran menempel dengan mudah pada selaput mata bayi sehingga mengakibatkan mata bayi terlihat tidak berbinar-binar.

Setelah Anda mengetahui penyebab dari mata keruh bayi, kini saatnya Anda membersihkan mata bayi Anda. Yang wajib diperhatikan adalah, tangan Anda harus benar-benar bersih dari kuman. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah kuman-kuman yang menempel di jari Anda masuk ke mata bayi Anda.

Gunakan kapas bulat yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat dan bersihkan mata bayi Anda secara teratur, maksimal 2 kali sehari. Rutinitas ini juga bisa dilakukan saat Anda sedang memandikan si kecil. Dan juga jangan lupa, Moms! Kapas yang digunakan harus bersifat sekali pakai. Artinya jangan mengenakan kapas yang sama untuk membersihkan kedua mata bayi Anda. Setelah selesai membersihkan mata bayi Anda dengan satu kapas, buang dan gantikan dengan kapas yang baru untuk membersihkan sisi mata bayi yang lain.

Semoga tips menjaga mata bayi agar tetap bersih di atas ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Tips Menjaga Mata Bayi Tetap Bersih"