Ini Lho 5 Masalah Kesehatan Bayi Prematur!

No comment 1435 views

Iniloh 4 Masalah Kesehatan Bayi Premature!

masalah kesehatan pada bayi prematur РMemang tidak semua bayi prematur akan mengalami komplikasi atau masalah kesehatan lainnya. Namun lahir dengan waktu yang lebih cepat bisa menyebabkan buah hati anda mengalami masalah kesehatan dalam jangka waktu pendek atau dalam jangka waktu panjang. Secara umum bayi yang lahir semakin dini, maka akan semakin tinggi resiko mengalami komplikasi.

Selain itu berat badan tubuh ketika lahir juga menjadi peran penting bagi kesehatan bayi. Beberapa masalah kesehatan akan muncul dalam beberapa bulan setelah buah hati anda lahir. Mengetahui masalah kesehatan dan juga cara perawatannya juga menjadi peran penting bagi orang tua. Berikut adalah masalah kesehatan pada bayi prematur yang perlu para orang tua ketahui :

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi prematur

1. Apnea

Apnea adalah penghentian napas sementara saat bayi tertidur. Bayi prematur bisa berhenti bernapas selama 20 detik atau bahkan lebih. Interupsi pernapasan ini biasanya diikuti dengan detak jantung yang lamban. Bayi prematur secara konstan akan dimonitor untuk mencegah terjadinya apnea. Jika mereka berhenti bernapas maka tim medis akan menstimulasi mereka agar bernapas dengan menyentuh telapak kakinya atau menepuk tubuh si Kecil secara perlahan.

2. Intraventricular homorrhage (IVH)

Intraventricular homorrhage (IVH) adalah pendarahan otak yang muncul pada sebagian bayi prematur, dengan kelahiran sebelum minggu ke 32 maka bayi akan memiliki resiko tinggi mengalami hal tersebut. Darah biasanya muncul pada waktu tiga hari pertama sikecil lahir dan umumnya dokter akan segera mendiagnosa. Sebagian pendarahan di otak ringan dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun beberapa pendarahan bisa menyebabkan struktur bagian otak terisi cairan dan hal ini bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tekanan di otak yang berakibat pada kelumpuhan otak dan masalah dalam belajar termasuk dalam sikapnya.

Pada beberapa kasus seperti ini, akan diambil tindakan bedah untuk memasukkan tabung ke kepala sebagai pengering cairan tujuannya untuk mengurangi resiko kerusakan otak. Dan pada kasus yang lebih ringan hanya akan diberi obat – obatan untuk mengurangi cairan yang ada didalam otak sang bayi.

3. Bayi Kuning

Bayi prematur akan lebih beresiko mengalami bayi kuning, karena hati si Kecil belum cukup berkembang untuk membuang sisan buangan bilirubin dari darah. Selain itu, bayi prematur akan lebih sensitif terhadap efek dari bilirubin pada tubuhnya. Bayi kuning biasanya akan memiliki warna kuning dan mata yang kekuning – kuningan dan biasanya memberikan efek yang berbahaya. Dan apabila kadar bilirubin semakin meningkat maka bisa menyebabkan kerusakan otak pada sikecil.

4. Infeksi

Bayi prematur memiliki sistem imun yang belum matang, sistem imun yang seperti ini akan sulit untuk melawan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Infeksi serius yang sering terjadi pada bayi prematur adalah infeksi paru – paru, infeksi darah, dan meningitis.

5. Retinopathy of Prematurity (ROP)

Kondisi Retinopathy of Prematurity (ROP) adalah kondisi dimana retina mata bayi belum terbentuk sempurna. Namun tidak perlu terlalu khawatir karena pada banyak kasus kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. Tapi pada kasus yang serius maka perawatan seperti operasi laser mata mungkin akan diperlukan. Periksakan bayi Anda pada dokter spesialis retina atau pediatric ophthalmologist.

Nah itulah beberapa masalah kesehatan pada bayi prematur yang wajib untuk bunda ketahui. Jaga selalu kesehatan anda dan janin anda untuk menghindari bayi lahir dengan cepat dan juga berikan asupan nutrisi yang seimbang agar saat lahir bayi anda tidak mengalami kekurangan gizi maupun nutrisi. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang 4 Penyakit Wanita Hamil Yang Membahayakan

 

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho 5 Masalah Kesehatan Bayi Prematur!"