Iniloh 4 Mitos Populer Tentang Makanan Bayi

No comment 1383 views

mitos makanan bayi

mitos makanan bayi – Banyak orang tua yang bingung tentang mitos makanan pada bayi. Dikarenakan apabila orang tua salah memberikan makanan akan berdampak buruk bagi kesehatan bayinya terutama kesehatan sistem pencernaannya. Mengenali fakta seputar makanan pada bayi merupakan hal yang terbaik dan juga hal wajib yang harus diketahui oleh orang tua agar anda tidak mudah percaya pada mitos yang sudah beredar dimasyarakat.

Berikut adalah mitos makanan bayi yang wajib para orang tua tua ketahui

Mitos populer tentang makanan pada bayi

1. Alergi dengan ASI

  • Mitos : Ada beberapa pendapat orang bahwa salah satu penyebab alergi pada bayi adalah karena ASI
  • Fakta : Tidak ada satupun bayi yang alergi dengan air susu ibunya. Anak dan ibu memiliki kesamaan genetik hingga 50% dan juga belum pernah ada reaksi antibodi terhadap susu yang dihasilkan oleh ibu. Buah hati anda bisa mengalami dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya, karena dimana sari dari makanan itu terserap pada tubuh sikecil melalui ASI. Bila sikecil mengalami alergi lanjutkan pemberian ASI karena ASI mampu mengurangi alergi pada bayi. Fakta lainnya adalah ASI merupakan hal biologis yang terjadi pada ibu hamil dan mustahil apabila bayi anda mengalami alergi pada ASI yang menyebabkan reaksi alergi pada sikecil adalah makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu.

2. Air mineral untuk bayi ASI eksklusif

  • Mitos : Bayi yang sedang menjalani ASI eksklusif juga membutuhkan air mineral.
  • Fakta : ASI merupakan salah satu cairan yang dibutuhkan pada bayi 85% kandungan dari ASI adalah air. Disaat suhu udara sangat panas, buah hati anda membutuhkan lebih banyak ASI agar tidak mengalami dehidrasi dan juga bunda tidak perlu memberikan air mineral pada sikecil. Dan juga tidak perlu memberikan suplemen tambahan hingga dia menginjak usia 6 bulan dan siap untuk mengkonsumsi makanan padat. Terkecuali apabila kondisi bayi anda disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi cairan atau suplemen tambahan.

3. Alergi yang disebabkan karena keturunan dari orang tua

  • Mitos : Jika salah satu orang tua mengalami alergi pada makanan tertentu maka buah hatinya juga akan ikut mengalami alergi pada makanan tertentu.
  • Fakta : Makanan pemicu alergi pada salah satu orang tua misalnya pada ibu belum tentu memunculkan reaksi tertentu pada sikecil. Hal yang terpenting agar buah hati anda terhindar dari alergi adalah dengan selalu memperhatikan makanan sikecil dan menganalisa kira – kira makanan apa yang bisa memicu timbulnya alergi pada bayi.

4. Gula penyebab hiperaktif

  • Mitos : Banyak pendapat yang menyebabkan bahwa gula bisa menyebabkan anak menjadi lebih hiperaktif.
  • Fakta : Pada sebuah penelitian zaman dahulu mengatakan bahwa gula, zat pewarna dan substansi lainnya pada makanan bisa menyebabkan perilaku anak menjadi hiperaktif. Pada penelitaan zaman sekarang mengatakan bahwa membatasi mengkonsumsi gula pada anak dapat membantu mencegah obesitas pada anak, kerusakan gigi, dan serangan jantung.

Nah itulah beberapa mitos makanan bayi yang perlu para orang tua ketahui. Tidak semua mitos yang beredar dimasyarakat itu benar misalnya membatasi penggunaan gula pada anak itu bukan berarti agar anak tidak berperilaku hiperaktif tapi agar mereka tidak mengalami obesitas, kerusakan gigi dan juga serangan jantung yang bisa membahayakan kesehatannya. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Yuk Menyusun Catatan Kesehatan Anak!

author
No Response

Leave a reply "Iniloh 4 Mitos Populer Tentang Makanan Bayi"