Iniloh Cara Cerdas Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Anak!

sakit tenggorokan pada anak

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan – Pada usia seperti anak – anak penyakit yang paling sering dialami adalah sakit tenggorokan. Umumnya sakit tenggorokan disertai dengan batuk, pilek, dan juga bersin. Sakit tenggorokan juga melibatkan peradangan tenggorokan, pembengkakan, ketidaknyamanan dan juga rasa sakit.

Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi sakit tenggorokan pada anak yang perlu bunda ketahui yang dibawakan oleh tim katalogibu.com:

Penyebab dan cara mengatasi sakit tenggorokan yang diderita anak

Penyebab sakit tenggorokan adalah infeksi yang diakibatkan oleh virus dan juga bisa sembuh dalam hitungan hari meskipun tanpa melakukan pengobatan. Sakit tenggorokan umumnya berhubungan erat dengan radang amandel dan pharynges yang biasa disebut dengan tonsillo parangitis. Gejala umum sakit tenggorokan yang terjadi pada anak – anak adalah : Baca juga yuk tentang Yuk Ketahui Ciri – Ciri Radang Otak Pada Anak!

  • Iritasi pada tenggorokan
  • Inflamasi dan pembengkakan tonsil (amandel)
  • Pembengkakan dan nyeri pada kelenjar getah bening
  • Kelelahan dan sakit kepala
  • Sakit perut
  • Kurang nafsu makan, mual bahkan juga bisa muntah
  • Dan biasanya akan muncul ruam pada bagian tubuh tertentu

Virus yang menyebabkan sakit tenggorokan sangat menular. Terutama pada musim flu anak – anak akan sangat mudah terserang virus yang menyebabkan sakit tenggorokan. Kebersihan tubuh dan kebersihan lingkungan juga dapat mengurangi kemungkinan tertular virus yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan tapi tidak sepenuhnya bisa mencegah perkembangan infeksi. Virus penyebab sakit tenggorokan dapat menular melalui udara, sekresi atau bahkan kotak langsung.

Bagi orang tua sangat penting membedakan antara sakit tenggorokan dan juga radang tenggorokan. Sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan sedangkan radang tenggorokan tidak dapat sembuh dengan sendirinya dan harus melakukan pengobatan dengan antibiotik. Banyak orang tua yang merasa panik apabila anaknya terserang sakit tenggorokan. Saat buah hati anda terserang sakit tenggorokan anda tidak perlu merasa panik karena sakit tenggorokan tidak ada obatnya dan gejalanya akan hilang sendiri dalam beberapa waktu.

Jika anda menduga bahwa anak anda menderita radang tenggorokan sebaiknya anda mengenali gejalanya terlebih dahulu seperti demam, rasa sakit, dan meningkatkan sensitivitas didaerah sekitar leher dan telinga. Namun apabila gejala – gejalanya ringan dan intensitas dari gejala ini tidak meningkat anda tidak perlu khawatir. Nah berikut adalah tindakan yang harus anda lakukan sebelum membawa mereka ke dokter :

  • Ajak anak anda untuk banyak istirahat
  • Berikan banyak minum air putih, jus dan yogurt
  • Berikan mereka makanan yang mudah untuk ditelan seperti bubur atau soup hangat
  • Dan yang terakhir berikan mereka buah – buahan yang lunak

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit tenggorokan pada anak yang perlu bunda ketahui. Namun apabila sakit tenggorokan tak kunjung sembuh bunda dapat membawanya ke dokter. Dengan begitu dokter akan melakukan tes apa ada bakteri yang berbahaya didalam tubuh buah hati bunda.

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Cara Cerdas Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Anak!"