Intip Tips Mengatasi Mimisan Pada Anak Berikut

No comment 336 views

Intip Tips Mengatasi Mimisan Pada Anak Berikut

Mimisan, atau kondisi kesehatan dimana hidung mengeluarkan darah bukanlah fenomena yang ganjil, dan tergolong sangat jamak ditemukan. Mimisan dapat terjadi pada siapapun, baik pada orang dewasa, lansia, bahkan pada anak-anak. Walaupun tidak jarang hal tersebut mengakibatkan sedikit kepanikan, mimisan dalam tahap wajar (dalam arti, mimisan yang hanya berlangsung selama beberapa detik hingga 10 menit) bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Dan berikut adalah beberapa tips mengatasi mimisan pada anak.

  • Dudukkan Anak Dengan Posisi Badan Tegak

Tips mengatasi mimisan pada anak yang dapat diterapkan sebagai pertolongan pertama adalah segera mendudukkan anak Anda dengan posisi duduk dengan postur badan yang tegak dengan posisi kepala sedikit condong ke arah depan.  Setelah itu, gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk memijat hidung dan menutup lubang hidung anak Anda selama kurang lebih 2-5 menit. Selama proses tersebut, mintalah anak Anda untuk bernapas melalui mulut.

Dan ingat Moms, jangan sekali-sekali membaringkan atau menundukkan kepala anak ketika anak terkena mimisan. Jangan juga menuruti saran dari beberapa orang untuk menengadahkan kepala anak Anda. Hal tersebut justru dapat memperparah mimisan, lho.  Baca juga: Bunda, Yuk Simak Cara Atasi Kudis Berikut!

  • Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih telah lama diketahui sebagai solusi tradisional namun ampuh untuk mengatasi mimisan. Caranya cuci bersih selembar daun sirih yang telah dicuci hingga bersih, dan gulungkan daun tersebut sesuai dengan ukuran lubang hidung anak Anda. Sumpalkan gulungan daun sirih tersebut pada lubang hidung anak, dan biarkan selama 15-20 menit.

  • Kompres Menggunakan Es Batu

Mimisan juga dapat dihentikan dengan mengompres hidung anak Anda dengan es batu. Suhu dingin dari es batu dapat membantu mengecilkan pembuluh darah pada hidung sehingga pendarahan pada hidung pun akan berhenti dengan sendirinya.

Anda hanya cukup membungkus satu atau dua buah blok es batu dengan menggunakan kain lap yang bersih. Kemudian, tempelkan kompres es batu tersebut di antara kening dan hidung anak Anda. Diamkan kompres tersebut di sana selama beberapa saat, atau hingga hidung anak Anda tidak lagi berdarah.

Apabila setelah Anda melakukan tips-tips di atas, namun mimisan anak tidak kunjung reda dalam waktu 30 menit, atau jika darah dalam volume banyak mengalir dari hidung anak Anda, maka Anda wajib dengan segera memeriksakan anak Anda ke dokter, karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda dari sebuah penyakit.

Demikianlah tips mengatasi mimisan pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Intip Tips Mengatasi Mimisan Pada Anak Berikut"