Jangan Panik! Ini Cara Merawat Anak yang Terkena Cacar Air

cara merawat anak yang terkena cacar air

Cacar air merupakan penyakit klasik yang sudah pasti pernah menghinggapi seseorang paling tidak sekali dalam hidupnya. Penyakit ini pada umumnya menyerang anak-anak, dan jarang sekali orang yang terkena virus penyakit ini di usia dewasa. Dan walaupun penyakit ini dapat diobati dan tidak terlalu fatal, rasa gatal dan panas yang diderita oleh anak dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan membuatnya rewel.  Bagi ibu muda tentunya keadaan anak Anda yang demikian juga membuat Anda merasa tersiksa. Namun tidak perlu lagi khawatir, Moms. Berikut adalah beberapa cara merawat anak yang terkena cacar air.

Cara merawat anak yang terkena cacar air yang pertama adalah dengan mencegah anak Anda dari menggaruk-garuk benjolan-benjolan cacar air. Cacar air pastinya menimbulkan rasa gatal sehingga refleks pertama yang dilakukan oleh anak Anda adalah dengan menggaruknya. Namun, hal tersebut justru dapat mengakibatkan bakteri yang terdapat di dalam benjolan berisi air tersebut menyebar ke area kulit dan menimbulkan benjolan-benjolan gatal yang lain.

Potong kuku anak Anda sehingga ia tidak dapat menggaruk benjolan-benjolan tersebut, dan alihkan perhatiannya baik dengan membacakannya sebuah buku yang menarik atau mengajaknya untuk menonton film favoritnya.

Hindari pemberian obat penurun panas aspirin, atau produk obat-obatan lain yang mengandung aspirin. Jika anak Anda mengkonsumsi aspirin saat ia terkena cacar air, maka hal tersebut membuat ia menjadi semakin berisiko terkena Reye’s syndrome . Reye’s syndrome merupakan penyakit yang tergolong fatal karena dapat mengakibatkan kerusakan pada organ hati dan otak anak. Sebaliknya, untuk membantu menurunkan panas pada anak Anda dapat menggunakan obat-obat acetaminophen, seperty Tylenol, Tempra, dan Panadol. Namun alangkah baiknya untuk mendiskusikan hal tersebut dengan dokter terlebih dahulu.

Jaga agar lingkungan kamar tidur anak Anda agar tetap bersih, dan pisahkan ia dari saudara dan anggota keluarga lain yang sehat (dan belum pernah mengalami penyakit cacar air). Untuk mencegah timbulnya biang keringat yang dapat memperparah gatal-gatal pada anak, Anda dapat memakaikan baju yang terbuat dari bahan katun dan berukuran longgar. Saat anak mandi, sabuni tubuh anak dengan menggunakan sabun antiseptik. Sabun dengan formula anti-kuman akan membantu membasmi bakteri serta virus yang mengakibatkan cacar air.

Demikianlah cara merawat anak yang terkena cacar air. Untungnya sekali anak Anda terkena penyakit ini, maka ia akan memiliki kekebalan seumur hidup terhadapnya. Ada baiknya juga untuk mendaftarkan anak Anda untuk program vaksin cacar air.

author
No Response

Leave a reply "Jangan Panik! Ini Cara Merawat Anak yang Terkena Cacar Air"