Jangan Remehkan Gejala Masalah Kesehatan Anak Ini!

mengatasi-pilek-pada-anak

Setiap orangtua pastinya menjadikan kesehatan anak sebagai prioritas utama mereka. Terlebih lagi, semakin muda usia anak Anda, maka sistem kekebalan tubuhnya pub belum terlalu berkembang sempurna sehingga ia akan cukup mudah terserang penyakit. Mungkin mengunjungi dokter anak beberapa kali sebulan untuk memeriksakan anak Anda sudah jadi aktivitas yang tidak asing lagi bagi Anda. Anak-anak pada umumnya rentan terkena pilek atau demam, yang akan sembuh dalam kurun waktu yang cukup cepat (tergantung dari kecepatan dan ketepatan perawatannya, tentu saja). Akan tetapi, ada beberapa gejala penyakit yang tidak bisa Anda remehkan, karena gejala tersebut bisa jadi menunjukkan masalah kesehatan anak yang cenderung serius.
• Anak Mengeluh Ia Selalu Haus
Gejala masalah kesehatan anak tidak melulu ditandai dengan demam tinggi. Tidak menutup kemungkinan bahwa gejala yang timbul memang sangat samar sehingga sering membuat Anda lengah. Salah satunya adalah ketika anak Anda terus-terusan merasa haus padahal ia cukup sering minum. Wah, sebaiknya segera periksakan anak Anda ke dokter anak dengan segera, karena bisa jadi anak Anda terserang penyakit diabetes tipe 1, yang memang sangat sering menyerang anak berusia di bawah 20 tahun.

Terlebih lagi, jika gejala tersebut disertai dengan gejala-gejala lain seperti anak buang air kecil berlebihan, anak Anda sering merasa kelelahan, dan mengalami penurunan berat badan walaupun nafsu makannya sangat tinggi.
• Anak Mengeluhkan Rasa Sakit Saat Ia Buang Air Kecil
Jika anak Anda mengeluh ia sering merasakan sakit saat ia buang air kecil, Anda wajib dengan segera membawanya ke dokter. Karena tidak seharusnya anak Anda merasakan sakit setiap kali ia buang air kecil. Dan jika hal tersebut terjadi maka besar kemungkinan ada masalah pada saluran kencingnya, misalnya infeksi saluran kencing. Dan ya, infeksi saluran kencing ini bisa menjangkit siapa saja tanpa peduli usia. Bahkan balita pun dapat terkena penyakit ini.

Umumnya balita mengalami keluhan demam, muntah-muntah, dan berkurangnya nafsu makan. Sedangkan pada anak yang lebih besar pada umumnya ia akan mengalami beser, air seninya berbau, dan demam.
• Muntah Berlebihan
Mual dan muntah adalah hal yang cukup wajar terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, jika anak Anda muntah terus-menerus dan tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, anak Anda bisa terserang dehidrasi. Dehidrasi dalam tahap yang parah dapat mengakibatkan anak harus menerima asupan cairan melalui suntikan infus. Terlebih lagi jika muntah tersebut disertai dengan darah, maka Anda wajib dengan segera memeriksakan anak Anda ke dokter.
Demikianlah beberapa gejala masalah kesehatan anak yang wajib untuk diwaspadai oleh orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Jangan Remehkan Gejala Masalah Kesehatan Anak Ini!"