Jauhkan Balita Dari Empat Hal Berikut Ini

No comment 764 views

kesehatan balita

Sebagai orang tua,menjaga kesehatan balita menjadi sebuah prioritas utama. Beragam upaya dilakukan orang tua untuk membuatnya tetap sehat seperti memenuhi kebutuhan gizi dan memberikan perawatan yang terbaik.

Namun, melakukan hal itu saja tidak cukup. Sebab, banyak sekali zat-zat berbahaya di sekitar yang bisa mengganggu kesehatan balita. Lantas, zat apa sajakah yang bisa mengancam kesehatan si Kecil? Yuk, simak informasinya yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Polusi Udara

Bagi orang dewasa, polusi udara cukup mengancam kesehatan karena dapat menyerang sistem pernapasan seperti paru-paru. Jika hal ini sudah mengancam untuk orang dewasa, maka tentu sangat membahayakan si Kecil.  Meski dampaknya tak dapat terlihat saat ini, tetapi bukan berarti aman untuk kesehatannya. Terlalu banyak menghirup udara yang tinggi polusi, dapat meningkatkan risiko defisiensi vitamin D. Ketebalan polusi membuat sinar matahari pagi tidak bisa terserap dengan baik oleh tubuh.

  • Air Conditoner (AC)

Agar si Kecil nyaman berada di dalam kamar tidurnya, biasanya Anda akan menambahkan AC. Namun, tak selamanya alat pendingin ruangan ini terbilang aman untuk kesehatan si Kecil. AC dilengkapi dengan bahan penyaring debu dan bulu-bulu yang beredar di udara. Akibatnya, anak akan lebih rentan dengan flu dan alergi.

  • Bahaya Hujan Asam

Meskipun tak bisa dibedakan antara hujan biasa dengan hujan asam secara kasat mata, tetapi hujan ini cukup membahayakan kesehatan si Kecil. Pencemaran udara melalui hujan asam dapat memicu gangguan sistem pernapasannya seperti asma, radang paru, dan bronkitis.

  • Sinar UV

Pancaran sinar matahari pagi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhannya. Namun, jangan menjemur si Kecil di bawah paparan matahari pagi terlalu lama. Sebab, akan membahayakan kesehatan kulitnya karena masih terlalu rentan dengan zat-zat asing yang ada di udara.

Ibu juga jangan terlalu banyak mengajaknya untuk aktivitas di luar rumah saat siang hari saat si Kecil di bawah 1 tahun. Sebelum keluar rumah, jangan lupa untuk mengoleskan lotion agar kulitnya terlindungi dengan baik. Ibu juga bisa mengenakannya baju lengan panjang serta mengolesi minyak telon agar tak masuk angin.

Menjaga kesehatan balita memang bukan suatu perkara yang mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar si Kecil tetep ceria dan tidak rewel. Jika ia selalu sehat, maka pertumbuhannya juga bisa berjalan dengan maksimal. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "Jauhkan Balita Dari Empat Hal Berikut Ini"