Kapan Anak Harus ke Dokter Gigi Pertama Kali?

Dokter Gigi Untuk Anak

Banyak orang tua yang masih belum yakin kapan harus membawa anaknya ke dokter gigi untuk pertama kali. Menurut “American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD)”, kunjungan pertama harus dilakukan pada saat si Kecil menginjak tahun pertamanya atau dalam waktu 6 bulan setelah gigi susu pertama terlihat.

AAPD mengatakan bahwa anak-anak berisiko mendapatkan lubang di giginya pada usia 1 tahun, sehingga inilah waktu yang tepat untuk mengunjungi dokter gigi. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat untuk usia anak prasekolah menemukan 1 dari 4 anak di Amerika Serikat mempunyai lubang gigi pada usia 2-4 tahun. Dengan kata lain, adanya lubang di gigi bukanlah tolok ukur yang tepat sehingga lebih baik bawalah anak ke klinik gigi saat gigi pertamanya tumbuh saja.

Menurut AAPD sangat penting untuk menjaga gigi susu di tempatnya sampai gigi ini tanggal secara alami. Gigi susu ini sangat penting karena berfungsi untuk:

  • Membantu anak-anak mengunyah dengan baik guna mempertahankan nutrisi sempurna.
  • Membantu perkembangan bicara
  • Membantu menghemat ruang untuk gigi permanen
  • “Mempromosikan” senyum sehat yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anak

Untuk mencegah gigi berlubang pada anak-anak usia dini, orang tua harus mengetahui bahwa usia 4 tahun adalah waktu yang paling rentan untuk gigi berlubang. Para orang tua juga harus mempelajari cara mengelola diet sehat, menjaga kebersihan mulut dan gigi dan penggunaan fluoride untuk mencegah gigi berlubang. Fluoride sendiri merupakan mineral alami yang ditemukan dalam air dan lapisan kerak bumi yang dapat membantu mencegah gigi berlubang dengan pengerasan lapisan email (lapisan luar) gigi.

Namun, Anda tidak wajib mengerti segala hal tentang gigi berlubang, kok. Pasalnya, Anda bisa menemukan semua informasi lengkap di klinik gigi saat kunjungan pertama dengan membahasa beberapa hal, seperti:

  • Cara merawat kesehatan gigi dan mulut bayi dan anak
  • Penggunaan fluoride yang tepat
  • Oral habits (kebiasaan mulut) seperti mengisap jari
  • Cara mencegah kecelakaan yang dapat merusak wajah dan gigi
  • Pertumbuhan gigi bayi dan anak
  • Hubungan antara diet dan kesehatan mulut

Biasanya dokter gigi akan menyarankan kunjungan lanjutan setelah kunjungan pertama yang tidak harus 6 bulan sekali. Jadwal tersebut bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan keadaan gigi dan mulut tiap anak. Kunjungan pertama anak ke dokter gigi  adalah kesempatan besar bagi orangtua untuk belajar cara terbaik merawat kesehatan gigi dan mulut buah hati Anda. Nah, apakah si Kecil sudah melakukan kunjungan ke dokter giginya yang pertama?

No Response

Leave a reply "Kapan Anak Harus ke Dokter Gigi Pertama Kali?"