Kenali 4 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Balita ini

Kenali 4 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Balita ini

Penyakit anak balita – Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa anak terutama balita lebih rentan terserang penyakit daripada orang dewasa. Apalagi jika dilihat dari kondisi geografis Indonesia yang beriklim tropis menyebabkan beragamnya penyakit. Sebagai orang tua Anda harus selalu mengamati kondisi anak, terlebih balita belum bisa mengungkapkan keluhan yang sedang dirasakannya.

Penyakit yang biasanya dianggap ringan oleh orang dewasa bisa berbahaya terhadap anak balita. Untuk itu orang tua harus selalu waspada terhadap penyakit yang menyerang anaknya. Berikut bunda patut waspadai penyakit anak balita yang sering menyerang ini. Beberapa diantaranya adalah :

Penyakit yang sering menyerang balita

1. Demam
Yang harus Anda ketahui bahwa penyakit anak balita yang satu ini merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kenaikan suhu akibat respon dari berbagai kondisi diantaranya karena tumbuhnya gigi pada balita, infeksi atau balita yang baru saja melakukan imunisasi. Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mengompres kepala bayi dengan kain basah atau bisa menggunakan kompres siap pakai. Namun jika suhu tubuh 38 derajat Celcius pada balita usia 3 bulan dan 38.3 derajat Celcius pada anak usia 3-6 bulan, segera hubungi dokter.

2. Diare
Diare adalah penyakit yang sering menyerang anak balita. Hal ini terjadi karena adanya infeksi bakteri, alergi terhadap makanan tertentu atau terlalu banyak minum jus. Yang harus Anda waspadai jika anak yang terserang diare diikuti dengan muntah dan panas, maka Anda harus segera hubungi dokter.

3. Batuk
Batuk pada balita biasanya terjadi karena inveksi virus. Anda tidak boleh memberikan obat untuk bayi dibawah 4 bulan, yang harus dilakukan cukup memberinya banyak ASI. Bunda juga harus memantu kondisinya, jika dalam beberapa hari tidak membaik dan diikuti demam segera hubungi dokter. Karena bisa saja batuk tersebut terjadi akibat infeksi bateri, kondisi ini lebih berbahaya daripada batuk karena infeksi virus.

4. Sembelit
Penyakit anak balita lainnya yaitu sembelit. Bunda bisa mendeteksi sembelit pada balita dengan mengamati ketika ia sedang buang air besar. Jika balita menangis setiap kali BAB dan fesesnya berbentuk padat yang cukup keras, bisa jadi ia sedang mengalami sembelit. Dengan memberinya asupan cairan berupa ASI dan jus buah bisa mengurangi tanda – tanda sembelit. Tapi perlu diingat bahawa Anda harus tetap menghubungi dokter kalau hal tersebut tidak kunjung membaik.

Itulah penyakit anak balita yang sering menyerang, perlu Anda waspadai gejala – gejala yang muncul dan jangan sampai Anda terlambat menanganinya. Baca juga : Ketahui Penyebab Penyakit Kuning pada Bayi ini!

author
No Response

Leave a reply "Kenali 4 Penyakit yang Sering Menyerang Anak Balita ini"