Kenali Dan Waspadai Gejala TBC Pada Anak!

No comment 1199 views

tbc pada anak

Tuberkulosis pada anakTuberkulosis atau yang sering disebut dengan TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama microbacterium tuberculosae. Bakteri ini akan menyerang dan menginfeksi pernapasan khususnya paru – paru. Namun penyakit TBC tidak menyerang penapasan dan paru – paru saja kulit dan selaput otak akan terinfeksi dengan bakteri ini juga.

Tuberkulosis atau TBC menyerang manusia tanpa memandang umur atau jenis kelamin. TBC bisa menyerang siapa saja seperti menyerang pada anak – anak. Berikut adalah beberapa gejala tuberkulosis pada anak yang harus diwaspadai :

Gejala TBC pada anak yang perlu diwaspadai

Gejala yang paling umum terjadi pada anak adalah demam. Timbulnya demam merupakan gejala dan pertanda bahwa masa inkubasi dari hasil penyebab TBC. Demam yang timbul tidak terlalu tinggi jadi banyak orang tua yang beranggapan bahwa demam ini hanya demam pada influenza saja. Gejala yang kedua yang timbul pada anak adalah hilangnya nafsu makan bahkan ada beberapa yang ditemukan anak tidak makan sama sekali. Dengan begitu berat badan anak akan turun secara drastis dan juga akan mengalami gangguan gizi pada anak yang disebabkan karena nafsu anak yang mulai berkurang secara drastis.

Sebagai orang tua anda harus cermat dan juga teliti mengenali gejala – gejala TBC yang timbul pada anak. Karena banyak orang tua yang mengira bahwa nafsu makan anak turun merupakan hal yang sangat gampang dan juga tidak mau mencari penyebabnya mengapa nafsu makan anak mulai berkurang. Gejala lain yang timbul akibat TBC adalah anak yang lemas dan tidak memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat. Anak yang terserang TBC akan terlihat selalu kelelahan dan tidak memiliki gairah seperti anak pada umumnya dan juga lambat saat melakukan akitivitas – aktivitas pada umumnya selain itu juga terkesan menutup diri dari teman – temannnya.

Gejala yang paling khas dan paling gampang dikenali adalah batuk kronis yang terus – menerus atau berulang – ulang. Batuk yang berdurasi lama dan ticddak mengeluarkan dahak merupakan gejala pada asma tapi apabila batuk yang disertai diare terus – menerus pada anak merupakan gejala – gejala anak anda terserang penyakit TBC. Namun jika anak anda timbul gejala – gejala seperti itu segera bawa ke dokter agar dilakukan tes untuk memastikan apakah anak anda mengalami TBC atau gejala penyakit yang lain.

Nah itulah beberapa gejala tuberkulosis pada anak yang harus dikenali oleh para orang tua. Dengan mengetahui gejala – gejala tersebut anda harus mengatisipasi dan melakukan penindakan dini pada penyakit yang diderita oleh anak. Selain itu hal yang paling utama adalah anda haru melakukan imunisasi BCG pada anak yang berguna untuk menghindari bakteri penyebab tuberculosis. Semoga bermanfaat. Baca Juga : Dia 6 Penyakit Yang Paling Sering Diderita Bayi!

author
No Response

Leave a reply "Kenali Dan Waspadai Gejala TBC Pada Anak!"