Kenali Gejala dan Jenis Radang Sendi Pada Anak

Katalogibu – Gejala radang sendi sudah umum terjadi di kalangan masyarakat luas terutama pada orang lanjut usia, dimana si penderita mengalami peradangan atau nyeri dibagian sendi. Tapi bagaimana jika kondisi ini terjadi pada anak dan apa saja jenis radang sendi? Berikut ulasannya.

Gangguan ini yang muncul pada anak ditandai dengan adanya pembengkakan atau kekakuan pada area sendi yang digerakkan.

Jika anak terkena gangguan jenis radang sendi Arthritis, berikut yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebagai orang tua:

  1. Periksa suhu badan anak, jika naik hingga 40 segera bawalah ke dokter, karena kondisi ini bisa berupa arthritis septik atau keterlambatan terapi sendi.
  2. Jika Anda melihat bahwa anak jalannya pincang, periksa sendinya apa ada pembengkakan dan nyeri pada area sekitar sendi.
  3. Apabila anak mengalami cidera pada sendi dan mengeluh sakit periksa segera karena ditakutkan ada cidera yang lebih dalam pada tubuh anak.

Faktor utama disebabkan oleh rematik dan gangguan fungsi mekanisme pertahanan tubuh, dan akhirnya menyerang antibodi yang mengarah pada bagian sendi sehingga menyebabkan peradangan dan suhu badan naik turun. Adapun jenis-jenis radang sendi yang perlu diperhatikan :

  1. Osteoarthritis

Yang merupakan “keausan” arthritis dan disebabkan oleh kerusakan jaringan tulang rawan

  1. Rheumatoid Arthritis

Yang merupakan jenis peradangan arthritis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja             dengan benar.

Untuk memastikan kondisi penderita, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu, antara lain mengamati adanya pembengkakan dan melihat kemampuan pasien dalam menggerakan sendi. Jika pasien dicurigai menderita radang sendi maka dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan radang sendi yang dilakukan akan bervariasi tergantung dari jenis kondisi yang dicurigai. Selain pemeriksaan laboratorium, diagnosis radang sendi juga bisa dilakukan menggunakan metode pemindaian.

Untuk pengobatan, sayangnya belum ada obat yang bisa mengatasi penyakit ini. Namun jangan khawatir anak akan diberikan obat untuk mengurangi rasa sakitnya. Obat lain yang biasa diberikan berfungsi untuk mengurangi bengkak, mengurangi kekakuan sendi, meningkatkan kekuatan sendi agar tidak semakin rusak. Atau lakukan pijatan lembut pada area yang terasa sakit biasakan untuk melakukan gerakan ringan atau pemanasan sebelum berjalan bisa juga kompres dengan air hangat.

Itulah ulasan tentang gejala dan jenis-jenis radang sendi pada anak yang dapat dibagikan untuk Anda para bunda semoga bermanfaat ya bagi kesehatan buah hati.

author
No Response

Leave a reply "Kenali Gejala dan Jenis Radang Sendi Pada Anak"