Kenali Kanker pada Anak dan Cara Mendeteksi Dini

Kenali Kanker pada Anak dan Cara Mendeteksi Dini

Kanker pada anak – Salah satu penyakit yang menjadi momok dan dapat menyebabkan kematian yaitu kanker. Penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja tidak terkecuali anak – anak bahkan bayi yang berada dalam rahim sekalipun. Menurut dokter spesialis anak, kanker pada orang dewasa dapat dicegah namun kanker pada anak tidak dapat karena faktor genetik dan juga gaya hidup.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, tidak sedikit anak yang terserang kanker karena diperkirakan penderita kanker di seluruh dunia meningkat 6,25 juta pertahun dan 2 persen diantaranya yaitu kasus kanker yang menyerang anak. Untuk itu sebagai orang tua harus waspadai kanker pada anak. Kurangnya pengetahuan dan tidak mampunya anak mengungkapkan keluhan yang dialaminya menyebabkan kanker susah dideteksi dan baru terlihat saat stadium lanjut.

Selain karena anak tidak dapat merasakan apa – apa, kanker anak menjadi sulit dideteksi pula karena anak tidak bisa bercerita. Sehingga sebagai orang tua harus memperhatikan gejala – gejala apa saja yang timbul pada anak sehingga dapat segera mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh medis sebelum parah. Berikut contoh kanker pada anak yang umumnya sering terjadi.

Jenis – jenis kanker pada anak

1. Kanker darah (Leukemia)
Leukemia adalah jenis kanker yang paling sering ditemui pada anak – anak. Kanker darah ini mempunyai harapan kesembuhan jika mendapat pengobatan secara tepat dan benar. Untuk mengenali kanker darah yang terjadi pada anak bisa dilihat dari gejala – gejalanya yaitu wajah pucat, demam yang tidak jelas penyebabnya, lemah, lesu, pendarahan, serta pembengkakan pada perut.

2. Kanker otak (Tumor otak)
Kanker otak pada anak dapat mengganggu fungsi serta merusak struktur susunan syaraf pusat karena terlak pada rongga yang terbatas. Gejala yang muncul akibat tumor otak yaitu sakit kepala yang makin berat, daya penglihatan menurun, mual hingga muntah yang menyemprot, hingga mengalami hilangnya kesadaran. Kanker otak juga dapat merubah perilaku seperti marah – marah, mengamuk dan lain sebagainya, bahkan jika sudah stadium lanjut kanker pada anak yang satu ini dapat menimbulkan kejang dan kelumpuhan.

3. Retinoblastoma (Kanker mata)
Kanker yang terjadi pada indera penglihatan ini sering dijumpai pada anak. Bunda harus mewaspadai gejala – gejalanya yaitu mata bersinar seperti mata kucing jika terkena cahaya, adanya bercak putih pada bagian tengah mata, juling, hingga mata anak dapat menonjol keluar.

4. Limfoma (Kanker kelenjar getah bening)
Biasanya jika anak mengalami kanker limfoma ini, kelenjar getah bening akan membengkak tanpa rasa nyeri. Pembesaran dapat terjadi dibagian usus, selangkangan, leher, ketiak. Jika kanker ini terjadi di usus maka anak akan mengalami muntah, sakit perut dan tidak bisa buang air besar (BAB).

Itulah 4 contoh kanker pada anak yang umumnya terjadi. Semoga dengan artikel kanker pada anak ini Anda dapat mengenali dan mendeteksi lebih dini kanker anak agar penanganannya tidak terlambat. Baca juga : Berjemur Di Pagi Hari Turunkan Resiko Terkena Kanker!

author
No Response

Leave a reply "Kenali Kanker pada Anak dan Cara Mendeteksi Dini"