Kenali Rahasia Jam Tidur Bayi!

No comment 1110 views

jam tidur bayi

Bayi yang baru lahir memang sering tidur. Biasanya si kecil akan tidur 16 hingga 17 jam tiap hari. Tetapi kebanyakan bayi tidak tidur lebih dari dua hingga empat jam saat siang atau malam hari, selama beberapa minggu pertama kelahiran. Hasilnya? Anda memiliki jadwal tidur yang sangat berantakan karena si kecil bangun sewaktu-waktu. Tugas Anda adalah dengan merespons dan menjadwal jam tidur bayi Anda, maka setidaknya Anda bisa memiliki lebih banyak waktu untuk tidur. Nah ingin tahu apa rahasia di balik jam tidur bayi ini? Simak informasinya berikut ini:

1. Mengenal jam tidur bayi

Jam tidur bayi lebih pendek dari pola tidur orang dewasa, bayi menggunakan lebih banyak waktu untuk “rapid eye movement sleep” alias tidur secepat kilat dan sewaktu-waktu yang sangat penting untuk perkembangan di dalam otaknya. Tidur kilat ini memang lebih ringan dan sangat mudah terganggu.  Jangan khawatir, fase yang tak terduga pada si kecil ini tidak akan berlangsung lama.

Saat si kecil menginjak enam hingga 8 minggu, dia mulai tidur dengan durasi yang lebih sedikit saat siang dan durasi lebih lama saat malam, meskipun sebagian besar bayi akan bangun saat malam hari untuk minum ASI. Pada usia ini, si kecil akan memiliki fase tidur kilat yang  lebih sedikit dan fase tidur pulas yang lebih lama. Saat memasuki usia 4 hingga 6 bulan, kebanyakan bayi memiliki 8 hingga 12 jam bangun saat malam. Jika Anda ingin si kecil tidur dengan teratur, biasakan pola tidur yang baik untuk bayi.

2. Membiasakan bayi tidur teratur

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatur jam tidur bayi Anda:

a. Pelajari tanda saat si kecil lelah

Saat berusia 1 hingga 8 minggu, bayi tidak akan mampu bangun selama 2 jam. Jika Anda menjaga si bayi terbangun lebih lama dari 2 jam, ia akan kelelahan dan mengalami masalah tidur. Tanda-tanda bahwa bayi lelah adalah menggosok mata, menarik telinga, atau lebih rewel dari biasanya. Jika Anda melihat si kecil melakukan beberapa tanda ini, itu artinya dia sedang mengantuk. Anda akan segera menemukan tanda-tanda lain yang memberi sinyal bahwa ini saat jam tidur bayi Anda.

b. Ajarkan perbedaan siang dan malam

Beberapa bayi memang bertingkah seperti burung hantu. Mereka tidak tidur semalaman dan sering membangunkan tidur pulas Anda dengan jam tidur bayi yang tidak teratur. Saat si kecil masih berusia dua minggu, tidak ada yang bisa Anda lakukan. Namun saat ia mencapai usia 3 bulan Anda bisa segera mengajarinya perbedaan malam dan siang.

Ajak dia berinteraksi sebanyak mungkin di siang hari, pastikan ruangannya terang benderang dan Anda juga bisa menyalakan musik yang tidak terlalu keras. Saat malam, pastikan Anda tidak banyak berinteraksi dengan si kecil, matikan lampu, dan jangan membuat kegaduhan. Si kecil akan segera mengenali jam tidur bayi saat Anda melakukan ini.

Nah, sekarang Anda bisa mengenali pola dan jam tidur bayi dengan lebih mudah, bukan?

Anda juga bisa memberi kesempatan si kecil untuk tidur dengan sendirinya dengan menaruhnya di kasur saat jam tidur bayi tiba. Jangan biasakan menidurkannya dengan menggendong atau dengan ayunan. Sebab, Anda akan terganggu dengan rutinitas menidurkan seperti itu dalam waktu yang lama. Selamat mencoba!

 

author
No Response

Leave a reply "Kenali Rahasia Jam Tidur Bayi!"