Kesehatan Balita – Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

kesehatan balitaKesehatan Balita – Menjaga kesehatan gigi anak merupakan salah satu hal yang tidak dapat kita abaikan begitu saja. Memang tampak wajar jika seorang anak mempunyai gigi yang rusak, namun sebenarnya hal itu tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut anak jika dibiarkan terlalu lama.

Ada banyak dampak yang dapat ditimbulkan oleh kerusakan pada gigi anak, salah satu di antaranya ialah berubahnya bentuk mulut dan tatanan gigi pada saat anak dewasa nanti. Maka dari itu, perlu adanya pencegahan terhadap resiko kerusakan pada gigi anak-anak kita agar kita tetap dapat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya serta memberikan hasil yang terbaik bagi anak-anak kita.

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi mereka terlebih saat mereka dewasa karena pada umumnya, kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi adalah salah satu penunjang rasa percaya diri yang paling utama pada mereka terlebih saat masa remaja.

Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi Pada Balita

Kita ketahui bahwa gigi anak balita adalah gigi susu. Gigi susu adalah gigi pertama yang tumbuh. Gigi susu berjumlah 20, sedangkan gigi dewasa berjumlah 32. Gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh gigi dewasa. Meskipun gigi susu akan tanggal seluruhnya, namun perawatan kesehatan gigi harus dilakukan sejak gigi susu pertama tumbuh.

  • Perawatan gigi balita secara umum tidak berbeda dengan perawatan gigi dewasa. Ada beberapa tips cara menjaga kesehatan gigi pada balita yang dapat menjadi tambahan informasi yang berguna, yaitu:
  • Ajar anak untuk menyikat gigi secara teratur sejak dini. Hal itu akan memupuk kesadaran anak untuk selalu menjaga kebersihan gigi.
  • Gunakan sikat gigi sesuai anatomi mulut anak. Pemilihan sikat gigi untuk anak harus disesuaikan dengan anatomi mulut anak, agar saat anak menyikat gigi tidak terluka, dan anak merasa nyaman dan aman.
  • Gunakan pasta gigi khusus anak-anak. Pasta gigi untuk anak diformulasikan sesuai untuk gigi balita, dan aman bila tertelan
  • Kunjungi dokter gigi, minimal 6 bulan sekali. Mengunjungi dokter gigi tersebut memungkinkan untuk mendeteksi adanya kelainan pada gigi balita sejak dini.
  • Biasakan anak sebelum tidur untuk menyikat gigi. Menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan akan memelihara dan menjaga gigi tetap terawat dan bersih.
No Response

Leave a reply "Kesehatan Balita – Tips Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak"