Ketahui Ciri – Ciri Asma Pada Balita!

No comment 3356 views

penyakit asma

Asma pada balita – Asma merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pada saluran pernapasan. Penyakit asma dapat menyerang siapa saja mulai dari orang dewasa hingga usia balita. Misalnya ada dari nenek yang menderita asma maka ada kemungkinan anak atau cucunya menderita asma.

Asma yang terjadi pada balita harus diwaspadai sejak dini. Penderita asma biasanya diawali dengan penyakit alergi dan juga flu. Untuk itu usahakan bagi bunda agar buah hati bunda tidak terserang flu. Karena flu merupakan salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya asma. Bagaimana caranya agar buah hati anda tidak terserang flu ? anda dapat memberikan makanan yang sehat dan juga memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Berikut adalah ciri – ciri asma pada balita berserta cara mengatisipasinya :

Ciri – ciri dan cara mencegah asma pada balita

  • Tiga ciri – ciri asma pada balita

1. Batuk yang disertai dengan suara seperti siulan

Batu yang disertai dengan suara seperti siulan juga diikuti dengan sesak napas pada malam hari dan apabila cuaca yang dingin. Pada umumnya batuk apabila batuk sudah sembuh maka asmanya juga akan hilang dengan sendirinya. Selain dengan batuk, udara yang dingin, kelelahan juga salah satu penyebab yang dapat menimbulkan asma. Untuk itu tips bagi bunda aturlah selalu jadwal anak anda dengan baik. Baca juga: 7 Manfaat Wortel bagi Bayi Usia 6 Bulan

2. Nyeri dibagian dada

Nyeri dibagian dada dan juga disertai dengan sulitnya untuk berkata – kata juga merupakan salah satu ciri – ciri asma pada balita. Biasanya nyeri yang terjadi pada dada akan menimbulkan warna agak kebiruan pada dada.

3. Memiliki riwayat alergi

Bagi balita yang memiliki alergi sejak kecil ataupun bawaan dari keluarganya juga dapat memicu timbulnya asma pada balita. Jadi bagi anda yang memiliki keturunan penyakit asam harus tetap berwaspada dan berhati – hati karena keluarga yang berketurunan memiliki penyakit asma sangat beresiko menular pada keturunan – keturunan selanjutnya.

  • Cara mengatasi asma pada balita

– Usahakan kondisi rumah selalu bersih terhindar dari debu, asap rokok, asap pembakaran dan juga bebas dari bulu kucing.

– Hindari aktivitas balita yang terlalu berat yang bisa menyebabkan balita kelelahan atau daya tahan tubuhnya menurun sehingga bisa menyebabkan buah hati anda mengalami flu. Apabila buah hati anda mengalami batuk anda dapat mengatur pola makanan dengan cara menghindarkan makanannya dari minyak secara berlebihan, makanan yang terlalu batuk karena makanan yang mengandung minyak dan yang memiliki rasa manis merupakan penyebab yang dapat menimbulkan batuk.

– Selalu perhatikan makanan anak anda yang bisa menyebabkan alergi karena alergi dapat menyebabkan asma pada balita bisa kambuh kembali. Hindarkan mereka pada makanan yang mengandung pemanis buatan dan MSG.

– Biasakan buah hati anda untuk selalu mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan.

– Hindarkan mereka pada makanan atau minuman yang dingin karena minuman yang dingin dapat menyebabkan flu dan batuk sehingga bisa sesak napas atau asma dapat dengan mudah menyerang balita anda.

Itulah beberapa ciri – ciri asma pada balita yang harus bunda waspadai. Jaga kesehatan dan juga atur pola makannya dengan baik agar terhindar dari penyakit apapun khususnya penyakit asma. Semoga bermanfaat. Baca juga Waspadai Dan Kenali Infeksi Telinga Pada Anak! 

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Ciri – Ciri Asma Pada Balita!"