Kenali 5 Kelainan Mata Pada Bayi ini!

No comment 3464 views

Kenali 5 Kelainan Mata Pada Bayi ini!

Kelainan mata pada anak – Tangisan pada bayi yang baru lahir merupakan anugerah yang sangat besar bagi kedua orang tua karena mereka mengetahui bahwa anaknya lahir dengan sehat dan tanpa cacat apapun. Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi kehidupan sehingga memastikan kesehatan mata bayi merupakan hal yang penting. Oleh karena itu anda harus mengetahui kelainan – kelainan apa saja yang bisa menyerang bayi berikut adalah kelainan mata pada bayi yang harus diketahui oleh orang tua :

Kelainan – kelainan mata pada bayi

  • Retinopathy of Prematurity (ROP)

Kelainan mata ini berkemungkinan besar akan menyerang pada bayi premature. Kondisi ini bisa terjadi pada bayi premature dikarenakan retina pada mata mereka belum terbentuk secara sempurna yaitu pertumbuhan pembuluh darah yang abnormal pada retina. Pertumbuhan yang abnormal ini mengakibatkan lapisan retina terlepas sehingga retina akan berkemungkinan mudah rusak dan kemungkinan yang lebih buruk lagi adalah kebutaan. Semakin bayi premature dan berat badannya semakin sedikit maka juga semakin besar kemungkinannya mengalami retinopathy of prematurity (ROP).

  • Persistent Hyperplastic Primary Vitreous (PHPV)

Kelainan mata yang satu ini biasanya terjadi karena bawaan dari lahir dan juga bisa disertai dengan kelainan kongenital lain, seperti halnya katarak kongenital. Ada pula kelainan lain yaitu kelainan pada bola mata yang tidak bisa atau bahkan tidak akan lagi berkembang (mikroftalami) sehingga mata yang sehat akan terlihat lebih besar.

  • Mata juling

Mata juling juga bersifat bawaan dari lahir. Ada beberapa jenis kejulingan, dari yang ringan sampai yang berat. Umumnya sebab terdapat kelainan saraf bola mata, sehingga sumbu bola mata tidak normal dan perlu dikoreksi.

Jika tidak dibawa dari lahir, juling didapat sesudahnya. Bisa akibat katarak berat. Pada orang dewasa mendadak juling perlu diwaspadai, sebab dapat merupakan manifestasi dari adanya kelainan di otak atau kenker hidung tenggorokan. Pada anak bisa juga akibat adanya tumor ganas di dalam bola mata.

  • Bufthalmus

Penyakit ini juga tergolong penyakit mata dengan tekanan bola mata yang meninggi sejak lahir. Akibat tekanan bola mata yang meninggi, ukuran bola mata bayi sangat besar. Keadaan ini mengganggu kornea mata. Anak takut melihat cahaya, timbul gangguan kelopak mata, kornes membengkak, dan warna kornea menjadi keruh.

Untu mengurangi bendungan cairan bola mata, yang membuat tekanan bola mata yang meninggi dilakukan operasi sayatan (goniotomy) sesegera mungkin agar perkembangan mata dan ketajaman penglihatan anak tidak sampai terganggu.

  • Buta warna

Buta warna merupakan kelainan mata pada bayi berikutnya yang merupakan kelainan yang bersifat genetis. Diman mereka tidak dapat membedakan warna dari setiap benda yang dilihatnya. Warna yang bisa dilihat pada anak yang mengalami buta warna adalah warna hitam, abu – abu dan putih saja. Kelainan yang satu ini tidak bisa disembuhkan karena sifatnya yang genetis. Untuk buta warna pada bayi bisa diketahui ketika anak sudah mulai diajak berkomunikasi sehingga dapat menerjemahkan apa yang dilihatnya apalagi tidak merespon jika diberikan warna – warna yang mencolok seperti warna merah.

Itulah beberapa kelainan mata pada bayi yang perlu diketahui oleh semua orang tua. Mengetahui kelainan pada bayi sejak dini akan lebih baik karena anda dapat segera mengatahui langkah – langkah apa saja yang akan dipilih untuk mengatasinya dan anda juga bisa segera berkonsultasi dengan dokter ahli mata sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan tepat dan aman. Semoga bermanfaat. Baca juga : 7 Tips Tepat Mengobati Sakit Perut Pada Anak!

author
No Response

Leave a reply "Kenali 5 Kelainan Mata Pada Bayi ini!"