Langkah Mudah Mengatasi Cedera Pada Anak

Lepas dari usia balita, sistem motorik bayi Anda akan semakin berkembang dengan pesat. Dan bahkan kini ia sudah mulai bisa berlari-lari. Di masa itu anak Anda memiliki energi yang sangat besar sehingga tidak heran ia sangat aktif dan suka berlari dan melompat-lompat kesana-kemari. Tidak jarang si kecil akan terpeleset atau tersandung sehingga mengakibatkan kakinya terkilir. Wah, jangan panik Moms! Simak yuk cara mengatasi cedera pada anak.

Satu hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk mengatasi cedera pada anak adalah memijat kakinya. Pemijatan yang sembrono justru dapat memperburuk pembengkakan pada kaki si kecil. Saat bagian kaki yang keseleo diurut, maka aliran darah ke bagian kaki yang membengkak akan semakin deras sehingga mengakibatkan akumulasi darah di daerah tersebut menjadi semakin parah. Selain itu, kemungkinan terjadinya retak tulang juga wajib diwaspadai.

Bergantung dari tingkat keparahan cedera yang dialami oleh si kecil, ada kalanya Anda harus membawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Misalnya jika terjadi pendarahan yang tidak berhenti atau anak Anda ternyata mengalami patah tulang. Tapi sebagai pertolongan pertama Anda perlu menerapkan metode RICE untuk meringankan atau bahkan mengatasi masalah cedera keseleo pada anak. Apa itu metode RICE?

RICE adalah abbreviation atau singkatan dari RestIceCompressElevation. Hal pertama yang perlu dilakukan saat kaki anak Anda terkilir adalah dengan menjaga area kaki yang keseleo agar tidak digerakkan selama 24 – 48 jam (Rest). Hal ini ditujukan untuk membantu mengurangi tekanan pada kaki sehingga tidak memperparah pembengkakan.

Next, kompres bagian kaki yang membengkak dengan menggunakan es batu selama 15-20 menit (Ice dan Compress). Kenapa harus dengan es batu dan bukannya dengan air hangat? Karena kalau Anda mengompres kaki yang bengkak dengan menggunakan air hangat, yang ada justru akan memperbesar pembuluh darah sehingga mengakibatkan kaki anak makin bengkak.

Sebaliknya, dengan menggunakan es batu akan membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar kaki yang keseleo. Jangan lupa untuk membungkus es batu terlebih dahulu dengan handuk lembap ya, Bunda!

Dan langkah terakhir adalah Elevation. Saat si kecil sedang duduk maupun berbaring, topang kakinya dengan bantal sehingga kakinya sedikit lebih tinggi dari dada anak. Hal tersebut ditujukan untuk membantu melancarkan peredaran darah ke dan dari kaki sehingga pembengkakan pada kaki anak lebih cepat mereda.

Normalnya, kaki anak Anda sudah akan membaik dalam jangka waktu 1-2 minggu. Jika tidak kunjung menunjukkan tanda-tanda positif, segeralah melarikan si kecil ke dokter sebagai antisipasi.

Semoga informasi di atas dapat membantu Bunda dalam mengatasi cedera pada anak, ya.

author
No Response

Leave a reply "Langkah Mudah Mengatasi Cedera Pada Anak"