Lindungi Kesehatan Gigi si Kecil dari Plak

No comment 1074 views

Lindungi Kesehatan Gigi Si Kecil dari PlakKesehatan Gigi – Masalah kesehatan gigi berupa plak, rupanya bukan hanya dihadapi oleh orang dewasa saja lho, anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan juga memiliki potensi yang sama mengalami risiko kerusakan gigi yang disebabkan oleh plak. Jika tidak diatasi dengan baik, plak pada gigi si Kecil akan menumpuk menjadi karang gigi yang sulit dibersihkan dan akan membuat gigi keropos.

Mencegah tentunya lebih baik daripa mengobati. Oleh karena itu, Bunda mulai saat ini harus menerapkan kebiasaan pada si Kecil untuk menjaga kesehatan gigi sejak dini sebelum tumbuh karang gigi yang berbahaya untuk kesehatan giginya. Selain bertujuan untuk melindungi giginya dari plak,  kebiasaan tersebut juga menjadi salah satu pelajaran gaya hidup yang akan diterapkan buah hati hingga ia dewasa.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Bunda terapkan untuk melindungi gigi si Kecil dari risiko pembentukan plak sesuai dengan rekomendasi dari Chris Sherwood, seorang jurnalis di bidang kesehatan gigi:

  • Biasakan Menyikat Gigi Secara Teratur

Membiasakan si Kecilmenyikat gigi dua kali sehari sehari secara teratur setelah sarapan dan sebelum tidur adalah langkah awal untuk mencegah pembentukan plak dan mengatasi plak yang sudah menempel pada permukaan giginya. American Dental Association menyarankan agar anak-anak memakai jenis sikat dan pasta gigi yang sesuai dengan usia mereka.

  • Ajarkan Cara Menyikat yang Tepat

Sejak dini, ajarkan buah hati untuk menyikat dengan cara yang tepat agar sisa-sisa makanan dapat terangkat secara maksimal. Menggosok gigi yang benar adalah dengan cara melingkar pada bagian depan dan belakang gigi. Jangan lupa juga untuk selalu mengajarkan si Kecil tidak terburu-buru saat menyikat gigi.

  • Biasakan Menggunakan Benang Gigi

Benang khusus untuk membersihkan gigi berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa makanan secara maksimal. Dengan rutin menggunakan benang gigi, kotoran atau sisa makanan di sela-sela yang tidak bisa terangkat oleh sikat gigi bisa terangkat dengan sempurna. Dengan membiasakan si Kecil menjaga kesehatan gigi dengan menggunakan benang gigi, plak yang disebabkan oleh sisa makanan bisa dicegah.

  • Kontrol Makanan Bayi

Salah satu tips membersihkan karang gigi pada bayi adalah dengan cara mengontrol anak anda mengkonsumsi makanan manisan seperti coklat, permen dan sejenis nya. Dan jangan mengenalkan makanan manisan seperti coklat atau permen sampai anak anda berumur minimal 1 tahun.

Baca juga : 5 Daftar Makanan yang Dapat Merusak Gigi Anak

Setelah anak Anda berumur 1 tahun barulah anda boleh mengenalkan makanan manisan seperti kue coklat dan sejenis nya, tapi tetap harus diawasi oleh bunda ya, dan untuk kesehatan gigi anak anda sebaiknya ajarkan anak anda setiap selesai makanan manisan untuk menggosok gigi agar mencegah potensi timbulnya kerusakan gigi pada bayi seperti gigi keropos, gigi berlubang, dan sebagainya.

  • Ajarkan si Kecil Menggunakan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur atau mouthwash juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah pembentukan plak yang biasanya dimulai dari sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Biasanya, produk mouthwash memiliki batasan usia dan bahan kimia yang tidak cocok untuk anak-anak., sehingga Bunda bisa membuat obat kumur alami dengan bahan dapur, misalnya campuran garam dan air hangat, atau juga bisa menggunakan baking soda.

Selain cara menjaga kesehatan gigi buah hati, Anda juga harus mulai mengenalkan si Kecil pada dokter gigi, Bun. Untuk mengatasi ketakutan anak-anak pada dokter gigi, ajak mereka untuk mendapatkan pemeriksaan gigi pertama pada ulangtahun pertama. Dan lakukan rutin setiap 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi buah hati, meskipun mereka tidak mengeluhkan apapun.

Dengan mengajarkan cara untuk menjaga kesehatan gigi sejak kecil untuk buah hati, Bunda bisa menerapkan dan memberikan contoh gaya hidup sehat untuk gigi si Kecil. Jangan lupa juga lengkapi kebiasaan sehat dengan memberikannya menu makanan sehat setiap hari yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan organ tubuh lainnya.

author
No Response

Leave a reply "Lindungi Kesehatan Gigi si Kecil dari Plak"