Makin Sehat dengan Aktivitas Positif Sepulang Sekolah

Makin Sehat dengan Aktivitas Positif Sepulang SekolahTips Sehat – Tips sehat untuk memiliki buah hati yang selalu bugar bukan hanya berhubungan dengan kecukupan nutrisi setiap hari saja lho Bunda, tips sehat dengan memilih akivitas yang tepat untuk si Kecil saat sepulang sekolah juga bisa menambah kesehatan fisik dan mental buah hati untuk hari ini dan masa depannya. Selain dapat melatih otot-otot dan tulangnya, aktivitas kreatif sepulang sekolah juga bisa merangsang otak untuk lebih kreatif, kemampuan sosialnya semakin tinggi, dan emosinya semakin stabil.

Sebagai salah satu kegiatan positif yang dianjurkan dalam tips sehat untuk anak, kegiatan sepulang sekolah rupanya memberikan manfaat besar untuk kehidupan si Kecil dan juga kesehatannya. Untuk menemukan jenis aktivitas yang tepat, Bunda bisa menerapkan langkah sesuai dengan rekomendasi dari Lauren Rowland berikut ini:

  • Buatlah pilihan aktivitas yang positif, mulai dari olahraga, seni, hingga bela diri.
  • Tanyakan pada si Kecil secar langsung.
  • Sesuaikan dengan usia buah hati.
  • Pertimbangkan biaya.
  • Lihat fasilitas yang disediakan.
  • Pilih tempat yang dekat dengan rumah.

Untuk menyempurnakan tips sehat demi si Kecil, terdapat beragam jenis aktivitas positif yang menyenangkan dan menyehatkan untuk si Kecil. Berikut adalah ragam aktivitas yang bisa dipilih oleh buah hati untuk mengisi waktu luangnya saat sepulang sekolah seuai dengan rekomendasi dari Echo Surina, seorang penulis profesional di bidang kesehatan anak:

  • Berolahraga

Olahraga berupa sepak bola, basket, tenis, bulu tangkis, hingga renang adalah aktivitas positif yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Manfaatnya bukan hanya berhubungan dengan kesehatan si Kecil, melainkan juga dengan kemampuan bekerja sama dan emosi untuk menerima kemenangan atau kekalahan.

  • Bergabung dengan “kelas” tertentu

Kelas atau progam yang disediakan oleh sekolah atau lembaga lain berupa seni tari atau seni musik memberikan banyak manfaat untuk buah hati. Si Kecil bisa mengikuti kelas balet atau piano sesuai dengan selera dan keinginannya.

  • Bergabung dengan klub

Klub yang diikuti oleh anak-anak pada jenjang usia yang sama merupakan tempat yang sangat baik untuk melatih kemampuan motorik dan afektif si Kecil. Dengan mengikuti klub, misalnya drama, pramuka, memasak, atau organisasi tertentu, si Kecil akan tetap aktif bergerak dan bersosialisasi dengan teman-teman seusianya.

Selain dengan melakukan aktivitas tersebut, Bunda juga bisa memberikan kesempatan pada si Kecil untuk rileks dengan aktivitas berikut:

  • Menonton televisi
  • Membaca buku
  • Makan camilan sehat berupa buah atau sayuran

Dengan tips sehat mengikuti aktivitas positif sepulang sekolah, si Kecil akan mendapatkan manfaat  untuk kesehatan tubuhnya, otak dan emosinya. Namun, pastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan nutrisi dan kalori yang lengkap agar ia mampu mengikuti aktivitas dengan tubuh yang fit dan energi yang bisa digunakan untuk aktif bergerak. Selain itu, pastikan buah hati memiliki kesempatan untuk beristirahat secara cukup dan melakukan rutinitas lain agar sekolahnya tidak terganggu.

No Response

Leave a reply "Makin Sehat dengan Aktivitas Positif Sepulang Sekolah"