Manfaat Susu Soya untuk Si Kecil, Sudah Tahu?

Selama 6 bulan, bayi Anda hanya bergantung sepenuhnya pada asupan ASI dari Anda. Dan begitu ia menginjak usia di atas 6 bulan, bayi Anda sudah mulai bisa diperkenalkan dengan berbagai macam MPASI dan minuman pengganti ASI. Setelah terlepas dari ASI, bayi Anda membutuhkan asupan kalsium yang cukup yang dapat membantunya untuk menunjang pertumbuhan sekaligus memperkuat tulang. Salah satu sumber kalsium yang paling disarankan untuk diberikan pada bayi adalah susu sapi. Tapi jika anak Anda alergi susu atau memiliki intoleransi terhadap kandungan laktosa, berikan saja susu kedelai Moms! Tahukah Anda manfaat susu soya yang dapat dipetik oleh bayi Anda?

Manfaat susu soya yang paling utama adalah menjadi sumber kalsium yang tidak akan menimbulkan efek samping pada anak Anda. Berbeda dari susu sapi, susu kedelai tidak memiliki kandungan laktosa yang dapat mengganggu sistem pencernaan si kecil. Susu kedelai sudah lama dikenal di kalangan kaum vegetarian atau orang-orang yang mengidap intoleransi terhadap laktosa karena lebih mudah dicerna oleh tubuh. Dan dibandingkan dengan rasa susu sapi yang tawar, susu kedelai memiliki cita rasa yang ramah di lidah anak-anak. Apalagi saat ini ada banyak sekali susu kedelai dengan berbagai macam rasa yang pastinya akan lebih cocok untuk anak-anak.

Tapi, apakah hanya dengan memberikan susu kedelai saja sudah mencukupi kebutuhan kalsium anak? Tentu saja tidak! Selain susu kedelai, Bunda juga wajib  menyeimbangkan asupan nutrisi kalsiumnya dengan jenis makanan sumber kalsium lainnya. Contohnya seperti sayur brokoli,  sayur bayam, keju, yoghurt, dan sumber makanan kaya kalsium lainnya. Selain itu, Moms juga wajib tahu jenis susu soya seperti apa yang cocok untuk mendukung perkembangan si kecil.

Saat Anda berbelanja susu soya, ingatlah bahwa yang dibutuhkan si kecil adalah susu dengan formula kedelai. Susu formula kedelai mengandung berbagai macam vitamin, mineral, asam amino serta asam lemak yang tidak dapat Anda temukan di susu kedelai biasa. Anda baru bisa sedikit demi sedikit memberikan susu soya pure pada anak Anda ketika ia berusia di atas 1 tahun. Saat memilih susu formula soya, pilihlah jenis susu dengan formula full-fat untuk bayi berusia di bawah 2 tahun. Tapi konsultasikan terlebih dulu dengan dokter anak Anda. Karena jika si kecil sudah terdiagnosa menderita diabetes, maka dokter biasanya akan mengusulkan untuk membeli susu soya low-fat.

Setelah mengetahui manfaat susu soya untuk si kecil sekaligus tips memilih susu soya yang tepat, mulai berburu susu kedelai yuk, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Susu Soya untuk Si Kecil, Sudah Tahu?"