Mecegah Anak Untuk Tidak Merokok Lebih Baik Untuk Anak Daripada Mengobati

Mecegah anak untuk tidak merokok lebih baik untuk anak daripada mengobatiAnak merokok – yang mulai merokok dapat menjadi kecanduan, sehingga mungkin akan terus merokok ketika telah dewasa dan nantinya berisiko menderita penyakit jantung, kanker paru-paru dan penyakit berbahaya lain. Semua orang tidak mau anak-anak merokok. Pertanyaannya adalah bagaimana menghentikan mereka dari merokok dan siapa yang dapat melakukannya.

Bicarakan lebih awal dan sering kepada anak
anak anak bisa memahami tentang gagasan bahwa merokok itu sesuatu yang buruk. Jadi, tekankan bahaya merokok. Menurut penelitian CDC, beberapa faktor utama penggunaan tembakau pada remaja, termasuk status sosial ekonomi rendah, rendahnya tingkat prestasi akademik, citra diri rendah, dan pergaulan.

Dengarkan perkataan anak-anak anda
Apakah media gambar memengaruhi pilihan mereka? Apakah ada sesuatu yang mereka ketahui atau ingin dibicarakan? Pastikan Anda benar-benar mendengarkan perkataan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menemukan cara mengatasi masalah bersama sejak dini. Perlu diingat, hindari obrolan seperti kuliah atau mengomel.

Tunjukkan efek merokok, bukan hanya berhenti pada fakta
Langkah ini dapat dilakukan dengan menunjukkan foto penderita kanker dalam buku, dokumentasi, rumah sakit, pameran, atau orang yang Anda kenal sedang menderita penyakit akibat rokok. Tunjukkan perbedaan paru-paru sehat dan paru-paru tidak sehat pada perokok.

Anak Harus Tahu Bahaya Merokok
ANAK-ANAK mulai merokok meski ada begitu banyak informasi dan data statistik yang mengharuskannya tidak boleh merokok. Adalah tanggung jawab orang tua, pengasuh, guru, dan pembimbing untuk membantu mereka memahami bahaya merokok.
Berikut tip dan langkah-langkah untuk membantu Anda memberikan pemahaman seputar bahaya rokok pada anak-anak, seperti dibeberkan Modernmom.

Berikan contoh positif dalam kehidupan nyata
Meskipun media sering menggambarkan selebriti sebagai perokok, tapi ada atlet, artis, penulis, ataupun kaum profesional yang sukses tanpa merokok. Gunakan mereka sebagai role model, motivasi, dan contoh untuk menunjukkan pada anak-anak bahwa mereka bisa populer dan sukses tanpa merokok.

Ajak mereka bicara dengan perokok
Jika Anda mengenal seseorang yang merupakan perokok berat dan yang telah mencoba berhenti, minta mereka untuk bicara dengan anak Anda. Dengan itu, Anda dapat mendorong anak-anak untuk bertanya langsung apa yang ingin diketahui dari bahaya dan susahnya berhenti merokok.

Terbuka
Jangan menutup-nutupi bahaya rokok. Menurut CDC, bahaya rokok menyerang kesehatan anak, baik langsung maupun jangka panjang. Semakin dini merokok, semakin tinggi risiko terhadap kanker paru-paru, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan lain. Merokok juga membuat anak-anak kurang sehat secara fisik, mengurangi kekebalan, dan meningkatkan penyakit pernapasan.

Baca Juga Memilih Mainan Anak Yang Aman, Ini Tipsnya

author
No Response

Leave a reply "Mecegah Anak Untuk Tidak Merokok Lebih Baik Untuk Anak Daripada Mengobati"