Mengetahui Gejala Demam Berdarah Pada Anak, Ini Tandanya

Mengetahui Gejala Demam Berdarah Pada Anak, Ini TandanyaGejala demam berdarah pada anak – Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Nyamuk atau beberapa jenis nyamuk menularkan virus dengue.

Demam Berdarah menyerang anak-anak yang merupakan makhluk yang rentan terkena berbagai macam penyakit. Untuk menghindari keterlambatan dalam penanganan, agar dapat segera melakukan pengobatan yang tepat, sebaiknya Anda mengenali gejala Demam Berdarah pada anak.

Bagi yang bertempat tinggal di daerah yang padat penduduk seperti kota besar atau kota metropolitan harus memperhatikan masalah demam berdarah dengan serius. penularan penyakit terjadi kapan saja dan menyerang siapa saja kebanyakan disebabkan oleh kondisi perkotaan yang penuh dengan manusia.

Sarang bertelur nyamur kebanyakan berada di saluran sanitasi yang buruk dan tidak terawat. Dengan terwadahinya telur-telur dari nyamuk betina di genangan air akan menambah populasi nyamuk di suatu tempat. Nyamuk merupakan jalan penularan dari virus Demam Berdarah yang sangat cepat menyebar.

Mengenal Gejala Demam Berdarah pada Anak

1. Muncul bintik-bintik merah dan ruam
Hal ini disebabkan oleh virus dengue yang menyerang sistem pembekuan darah di dalam tubuh. Pada fase yang paling parah maka hidung bisa mengalami mimisan kemudian mutah darah seperti kopi berwarna hitam. Selain itu, kulit anak juga mudah mengalami memar.

2. Panas tinggi mendadak
Panas tinggi mendadak pada anak remaja dan dewasa dikenal dengan sindrom trias dengue

3. Tubuh sangat lemas dan lesu
Tubuh mendadak sangat lemas dan lesu sekaligus sakit di belakang mata serta nyeri. Wajah anak atau balita akan kelihatan sangat pucat disertai sakit kepala.

4. Pendarahan
Anak mengalami pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, atau berupa bintik-bintik merah di badan. Beberapa kondisi anak bahkan mengalami muntah dan buang air besar berdarah. Kondisi pendarahan yang dialami oleh anak yaitu ketika trombosit sudah cukup rendah

5. Batuk pilek
Biasanya gejala demam berdarah pada anak ddisertai dengan batuk dan pilek lalu jjuga tidak nafsu makan

6. Sakit kepala
Anak yang demam seringkali mengeluhkan sakit kepala dan lesu sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan test darah dapat diketahui penyebab anak sakit.

Sekian pembahasan singkat tentang gejala demam berdarah pada anak semoga dapat memberikan pengarahan yang bermanfaat bagi orang tua yang begitu sayang pada anaknya

Baca Juga Inilah Tanda Tanda Kehamilan Yang Sering Perempuan Alami

author
No Response

Leave a reply "Mengetahui Gejala Demam Berdarah Pada Anak, Ini Tandanya"