Moms, Ini Makanan untuk Anak Penderita Kanker

Katalogibu – Moms, memenuhi kebutuhan nutrisi anak sangat penting, dan perlu diperhatikan dalam pemberian makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh anak. Hal ini tentunya harus moms ketahui, terutama bagi anak yang mempunyai kondisi penyakit tertentu. Bagi anak penderita kanker, keamanan makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi proses pengobatan. Berikut makanan untuk anak penderita kanker.

 

Saat anak sedang dalam masa perawatan penyakit kanker, diet sehat harus dipikirkan dengan baik. Tidak mudah bagi penderita kanker untuk diet sehat, karena faktor penyakit dan pengobatan yang dapat mempengaruhi nafsu makannya. Anak yang sedang dalam perawatan kanker seringkali merasakan efek dari kemoterapi yaitu muntah, pusing, mulut kering dan perih, itulah yang menyebabkan anak tidak nafsu makan.

 

Menurut pakar nutrisi Parkway Cancer Center Singapura, Gerard Wong, bahwa kebanyakan penyakit yang sering diderita oleh anak-anak adalah Lueukimia atau kanker darah, sehingga penting memperhatikan keamanan asupan yang dimakan. Keamanan makanan yang baik untuk anak penderita kanker adalah makanan yang dimasak dirumah.

 

Makanan yang diluar terlalu lama, berpotensi terkontaminasi oleh bakteri. Nantinya akan mebahayakan sang anak jika sistem imunnya sedang rendah. Selain proses memasak yang harus diperhatikan, sebaiknya memperhatikan kalori yang dikonsumsi berjumlah cukup untuk anak penderita kanker.

 

Anak penderita kanker meiliki kebutuhan nutrisi khusus, jadi penting bagi moms untuk mendiskusikan dengan ahli gizi tentang kebutuhan asupan nutrisnya. Makanan sehat untuk anak yang terserang kanker jenis apapun, semua harus ditanyakan dengan jelas sehingga moms nantinya dapat memperkirakan dan mengusahakan agar nutrisi terpenuhi.

 

Protein adalah jenis nutrisi yang penting untuk penderita kanker. Ini karena protein dapat mengembalikan masa otot. Setelah dilakukan kemoterapi atau operasi, anak penderita kanker perlu memperbaiki sel-sel yang hilang dan rusak serta membangun sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi. Sumber Protein yang baik diantaranya ikan, unggas, daging merah tanpa lemak, telur, susu dan kacang-kacangan.

 

Anak-anak penderita kanker mungkin akan membutuhkan 20% hingga 90% lebih banyak dibandingkan dengan anak sehat yang berguna unutk menyembuhkan jaringan dan memberi energi. Pilihan untuk memberikan karbohidrat diantaranya sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

 

Asupan air dan cairan sangat diperlukan, karena mungkin anak akan kehilangan cairan dalam masa pengobatan yaitu muntah atau diare. Untuk mencegah anak tidak kekurangan air, pastikan anak banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan air tentunya.

 

Itulah makanan untuk anak penderita kanker. Dengan adanya informasi tersebut semoga moms bisa memenuhi kebutuhan anak yang sedang menderita penyakit kanker. Selamat mencoba.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Makanan untuk Anak Penderita Kanker"