Moms, Ketahui Jenis Cerebral Palsi atau kelumpuhan Otak

Katalogibu – Semua ibu pasti menanti-nanti setiap perkembangan anaknya. Hingga kata pertama apa yang dikeluarkan anak, merangkak, mulai belajar berjalan dan lain-lain. Semua hal tersebut rasa-rasanya semua anak akan melewati masa perkembangan tersebut dengan mudah. Namun, apakah moms tau? bahwa bagi anak penderita Cerebral Palsi atau kelumpuhan otak perkembangan itu dilakukan dengan perjuangan yang cukup besar.

Penderita Gangguan ini diklasifikasikan menjadi beberapa gejala dan tanda klinis neurologis tergantung jenis apa yang dideritanya. Mengetahui jenis Cerebral Palsy penting untuk memebantu mengatasinya. Ada beberapa jenis yang harus moms ketahui, berikut ulasannya.

  1. Cerebral Palsi Spastik

Jenis ini merupakan kondisi di mana bentukan CP terbanyak sekitar 70 sampai 80 persen, otot mengalami kekakuan secara permanen mengalami pemendekan. Jika kedua kaki mengalami spastisitas pada saat berjalan, maka kedua tungkai tampak bergerak kaku dan lurus.

Anak dengan spastik himiplegia dapat disertai dengan tremor hemiparesis, dimana seseorang tidak dapat menggerakkan kaki pada sisi tubuh saja. Jika tremor memberat, maka akan terjadi gangguan berat.

Cp spastik sendiri digolongkan berdasarkan ekstremitas yang terkena, yaiitu:

  • Monoplegi

Bila hanya menyerang 1 ekstremitas saja, biasanya lengan

  • Diplegia

Kondisi ini ke empat ekstremitas terserang, tapi kedua kaki lebih berat dari kedua tangan

  • Triplegia

Jenis ini menyerang 3 ekstremitas, yang paling banyak menyerang ke dua tangan dan hanya 1 kaki

  • Quadriplegia

Keempatnya terserang dan memiliki derajat yang sama

  • Hemiplegia

Menyerang salah satu sisi tubuh dan bagian lengan terkena lebih berat

  1. CP Atetoid/Diskinetik

Bentuk gangguan pada jenis ini mempunyai karakteristik gerakan menulis yang tidak terkontrol dan perlahan. Gerakan tidak normal ini menyerang tangan, kaki, lengan atau tungkai pada sebagian besar kasus, otot muka dan lidah, dimana kondisi ini menyebabkan anak terlihat menyeringai dan selalu mengeluarkan air liur.

  1. CP Aktasid

Penderita sering menunjukkan koordinasi yang buruk, berjalan tidak stabil dengan kaki terbuka, meletakkan kaki saling berjauhan, kesulitan dalam melakukan hal yang cepat dan tepat. Kondisi ini bisa dilihat ketika anak beraktifitas mengancingkan baju ataupun menulis.

  1. CP Campuran

Sering ditemukan dari beberapa penderita yang mengalami gangguan mempunyai lebih dari satu bentuk CP. Kombinasi tersebut lebih dari satu jenis. Bentuk gangguan campuran yang sering ditemukan adalah spatik dan gerakan atetoid. Kombinasi lain juga mungkin saja bisa di temukan.

Demikian 4 jenis Cerebral Palsy, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan bunda tentang gangguan kelumpuhan otak. Sehingga, bunda bisa lebih tepat dan cepat untuk mengatasi gangguan berdasarkan jenis tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ketahui Jenis Cerebral Palsi atau kelumpuhan Otak"