Moms, Simak Jadwal Pemberian Imunisasi Bayi Yuk

No comment 160 views

Jadwal Pemberian Imunisasi Bayi

Saat bayi berada di dalam rahim, sistem imunitas tubuh dasar dari bayi sudah mulai terbentuk dan dapat menghalau berbagai macam virus dan bakteri sederhana. Setelah bayi terlahir ke dunia, sistem imunitas bayi dituntut untuk segera menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dunia luar, dan selama proses tersebut, bayi memperoleh tambahan zat kekebalan tubuh dari cairan pertama yang keluar sebelum ASI, yaitu kolostrum. Akan tetapi, seiring dengan pertumbuhan bayi, zat imun di dalam kolostrum sudah tidak dapat lagi melindungi bayi, sehingga bayi perlu memperoleh tambahan zat imun lain, dan itulah yang disebut dengan imunisasi. Moms, tahukah jadwal pemberian imunisasi bayi?

Mengetahui jadwal pemberian imunisasi bayi sangatlah penting, karena semakin lengkap bayi Anda memperoleh set imunisasi, maka di masa depan ia akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap berbagai macam jenis penyakit. Jadi, pastikan bahwa ia sudah memperoleh imunisasi yang ia butuhkan ya, Moms.

Jenis imunisasi pertama yang sudah dapat diberikan pada bayi setelah 12 jam setelah ia terlahir adalah vaksin Hepatitis B. Vaksinasi kedua yang diberikan pada bayi Anda adalah vaksin polio yang pada umumnya akan diberikan pada bayi Anda pada kunjungan dokter yang pertama. Sedangkan jika bayi Anda terlahir di Rumah Sakit Bersalin, maka pada umumnya vaksin polio ini akan diberikan saat bayi akan dibawa pulang. Hal tersebut tak lain bertujuan agar membantu mencegah penularan virus polio dari salah satu bayi terhadap bayi Anda. Vaksin virus polio ini memiliki 3 set, dan pada umumnya diberikan secara bertahap.

Di usianya yang menginjak lebih dari 6 minggu, bayi Anda sudah dapat memperoleh vaksin DTwP atau DTaP. Vaksin yang lebih dikenal dengan vaksin DTP, adalah vaksin yang membantu menjaga bayi Anda dari ancaman penyakit difteri, tetanus, dan pertusis. Vaksin DTwP merupakan jenis vaksin DTP yang lebih umum digunakan, namun tidak jarang vaksin tersebut menimbulkan beberapa efek samping, seperti kulit bayi di area suntikan berubah menjadi merah, bengkak, dan nyeri. Dan tidak jarang bayi Anda terserang demam tinggi yang dapat mengakibatkan kejang-kejang. Alternatifnya, Anda dapat membeli vaksin DTaP yang memiliki efek samping jauh lebih rendah, sebanya 75%. Hanya saja, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkannya

Saat bayi mulai menginjak usia 2 hingga 3 bulan, maka sudah saatnya untuk memberikan imunisasi BCG. Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guérin) adalah jenis imunisasi untuk bayi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis (TBC).

Demikianlah ringkasan jadwal pemberian imunisasi bayi. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat kolom yang sudah disediakan di atas. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Jadwal Pemberian Imunisasi Bayi Yuk"