Moms, Simak Pertolongan Pertama Bila Bayi Kejang Saat Demam

Moms, Simak Pertolongan Pertama Bila Bayi Kejang Saat Demam

Kebahagiaan dari seorang ibu adalah menyaksikan buah hatinya senantiasa dalam keadaan sehat, dan ketakutan terbesar dari seorang ibu sudah pasti adalah ketika anak tercintanya jatuh sakit apalagi jika umur anak Anda tergolong masih sangat muda. Bayi memang belum memiliki sistem antibodi yang kuat sehingga bukanlah hal yang mengherankan jika mereka sangat rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah gejala demam, dimana mereka cukup sering mengalami kejang-kejang. Bagaimanakah pertolongan pertama bila bayi kejang saat demam?

Mengapa mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama bila bayi kejang saat demam adalah hal yang sangat penting? Karena reaksi pertama dari Bunda saat bayi Anda mengalami kejang demam sudah tentu panik. Dan tentunya hal tersebut adalah hal yang sangat wajar. Akan tetapi, daripada bersikap panik sehingga melakukan tindakan ceroboh yang justru dapat membahayakan nyawa buah hati (seperti memberikan aspirin atau berusaha memasukkan obat ke dalam mulut anak saat ia mengalami kejang), bernapaslah yang dalam dan ikuti tips-tips berikut:

  • Ketika anak mengalami kejang, Anda dapat memindahkan anak Anda secara perlahan ke tempat dengan permukaan yang empuk dan rata, seperti pada karpet di lantai atau di kasur. Selain itu, menggendong bayi saat ia kejang bukanlah hal yang bijaksana karena hal tersebut justru dapat memicu kondisi yang jauh lebih buruk
  • Muntah merupakan hal yang cukup sering terjadi pada anak yang mengalami kejang. Untuk mencegahnya dari tersedak, miringkan posisi kepalanya ke bagian sisi kanan atau kiri. Dengan demikian cairan muntahan tersebut pun dapat keluar dari mulut bayi dengan lancar.
  • ¬†Pakaian bayi yang ketat dapat membuat napasnya menjadi lebih tersengal-sengal lho, Moms.¬† Oleh karena itu, usahakan bayi Anda mengenakan pakaian yang longgar sehingga ia dapat bernapas lebih lega
  • Selain itu, jangan lupa hitung durasi kejang. Kejang demam pada umumnya tidak berlangsung lama dan akan mereda dengan sendirinya. Akan tetapi, jika kejang tersebut berlangsung lebih dari 10 menit, maka Anda wajib menghubungi rumah sakit dengan segera.

Demikianlah tips-tips singkat mengenai pertolongan pertama bila bayi kejang saat demam. Berlawanan dari dugaan yang menyebar di tengah masyarakat bahwa kejang demam merupakan tanda dari epilepsi atau dapat mengakibatkan keterbelakangan mental, kejang demam adalah suatu hal yang wajar dan tidak menimbulkan efek seperti yang dikemukakan di atas. Hanya saja, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda masih merasa khawatir. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Pertolongan Pertama Bila Bayi Kejang Saat Demam"