Moms, Ternyata Sariawan Pada Anak Bisa Jadi Suatu Penyakit

Katalogibu – Sariawan adalah radang pada lapisan jaringan yang meliputi mulut. Hal ini bisa terjadi di gusi, lidah, bibir, dan dasar mulut. Sariawan tidak hanya menyerang orang dewasa, sariawan pada anak juga bisa terjadi. Umumnya, menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, pembengakan, dan kadang perdarahan pada daerah yang terkena. Peradangan bisa disebabkan keadaan mulut itu sendiri, seperti kebersihan yang buruk, terbakar makanan/minuman panas, atau akibat pengobatan, reaksi alergi, atau infeksi.

 

Selain diakibatkan kekurangan vitamin tertentu, penyebab sariawan juga bisa diakibatkan oleh virus, jamur, maupun trauma mekanis, seperti saat menggosok gigi. Sariawan yang disebabkan jamur, cirinya berwarna putih seperti susu basi menempel, rasanya panas, sehingga anak menolak menyusu dan makan, sebaiknya musti segera diberikan salep anti jamur. Bila selama anak sariawan maka pola makan jadi terganggu, diikuti demam tinggi, dan menjadi lemas akibat dehidrasi akibatnya anak akan menolak makan dan minum.

 

Sariawan juga merupakan salah satu hal yang menandai menurunnya kekebalan pada tubuh Si Kecil. Selain sebagai tanda bahwa kekebalan tubuh Si Kecil sedang menurun, sariawan juga bisa menjadi tanda-tanda penyakit yang berbahaya lho Moms, jadi jangan sepelekan penyakit sariawan pada Si Kecil ya. Penyakit sariawan pada Si Kecil bisa juga disebabkan karena penyakit-penyakit berikut ini:

 

  • Oral Trush

Salah satu penyakit yang ditandai dengan penyakit sariawan pada Si Kecil adalah penyakit Oral Trush. Penyakit Oral Trush adalah penyakit yang menyerang bagian bagian rongga mulut pada Si Kecil dan menyebabkan Si Kecil sering mengalami sariawan. Sariawan yang terjadi pada Si Kecil biasanya berlokasi pada bagian bibir, lidah, mukosa atau bagian pipi dalam dan juga tenggorokan.

 

  • Flu Singapore

Flu Singapore juga bisa menyebabkan Si Kecil mengalami sariawan Moms. Flu Singapore merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam penyakit Kaki, Tangan dan Mulut. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya sariawan pada mulut Si Kecil. Setelah itu muncul bintil-bintil air yang terjadi di seluruh permukaan tubuh Si Kecil dan berpusat pada mulut tangan dan juga kakinya. Jika Si Kecil mengalami hal ini, sesungguhnya Moms dan Dads tidak perlu khawatir karena penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya.

 

Ketika muncul gejala-gejala sariawan pada anak yang tidak biasa, moms bisa segera memerikasan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ternyata Sariawan Pada Anak Bisa Jadi Suatu Penyakit"