Normalkah Tanda Lahir di Wajah Bayi?

No comment 239 views

Tanda Lahir di Wajah BayiSetelah mengandung anak Anda selama 9 bulan, kini pada akhirnya Anda dapat merengkuhnya dalam pelukan Anda. Moms, yang pasti peristiwa tersebut adalah peristiwa bersejarah dan paling mengharukan bagi Anda. Namun ketika Anda melihat tubuh bayi Anda dengan seksama Anda melihat ada tanda lahir yang menghiasi kulitnya yang mulus. Dari sanalah Anda langsung merasa khawatir dan segera memeriksakan bayi Anda kepada dokter. Namun normalkah tanda lahir di wajah bayi?

Pertanyaan tentang normalkah tanda lahir di wajah bayi mungkin akan terlintas di dalam pikiran Anda, dan memang tidak ada salahnya Anda merasa cemas. Hal tersebut karena bayi belum memiliki sistem kekebalan yang kuat sehingga gejala apapun yang terlihat memang wajib untuk diperhatikan dan ditindaklanjuti.

Menurut beberapa tenaga ahli dokter, penyebab dari timbulnya tanda lahir bisa sangat beragam, mulai dari adanya pigmen tambahan di kulit hingga pembuluh darah yang tidak tumbuh dengan normal. Sedangkan menurut jenisnya, tanda lahir terbagi menjadi dua, yaitu tanda lahir vaskular dan tanda lahir berpigmen.   Baca juga: Bunda, Yuk Kenali Tanda-Tanda Lapar Palsu Pada Bayi

Tanda lahir vaskular adalah tanda lahir yang disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang abnormal di bawah kulit. Bercak-bercak dari pembuluh darah tersebut pada umumnya memiliki warna ungu, merah dan merah muda, hingga biru. Lokasi dari tanda lahir vaskular ini pada umumnya berada pada area wajah, leher, dan kepala. Tanda lahir vaskular ini terbagi menjadi tiga, yaitu tanda stroberi yang berupa bercak-bercak merah yang menyerupai pola pada buah strawberry. Lambat laun tanda ini akan menghilang dengan sendirinya.

Selain itu terdapat juga noda anggur dimana tanda lahir tersebut berupa bercak merah muda kemerah-kemerahan yang muncul sesaat setelah bayi dilahirkan. Noda tersebut lambat laun akan berubah menjadi merah keunguan, dan biasanya muncul di area wajah, dada, dan punggung.

Sedangkan tanda lahir kategori kedua, yaitu tanda lahir berpigmen muncul akibat adanya sel pigmen kulit tambahan di kulit. Salah satu contoh yang paling umum dikenal dari tanda lahir ini adalah tahi lalat, baik yang berukuran kecil maupun besar. Jenis tanda lahir berpigmen yang lain adalah noda kopi, dimana pada bagian tubuh Anda terdapat satu atau dua bintik berwarna kecoklatan. Dalam beberapa kasus, tanda kopi ini tidak berbahaya dan akan menghilang seiring dengan sendirinya walaupun ada juga yang warnanya menjadi jauh lebih pekat akibat terpapar sinar matahari.

Secara general, tanda lahir bukanlah pertanda dari penyakit yang fatal, namun Anda wajib dengan segera membawa bayi Anda ke dokter jika tanda lahir tersebut terus membesar atau menyebar hingga ke area wajah, karena bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda dari adanya gangguan kesehatan pada bayi Anda.

Jadi, normalkah tanda lahir di wajah bayi? Jawabannya adalah, pada umumnya tanda lahir adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan, namun ada beberapa saat dimana Anda wajib memperiksakan bayi Anda ke dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

author
No Response

Leave a reply "Normalkah Tanda Lahir di Wajah Bayi?"