Pelajari Pola Tidur Bayi Anda!

No comment 1139 views

pola tidur bayi

Pola tidur bayi yang baik akan sangat membantu keteraturan tidur Anda. Bayi memang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Setidaknya bayi akan tidur selama 16 hingga 17 jam seharinya sampai mereka berusia 6 minggu. Nah, penasaran dengan pola tidur bayi yang sehat? Simak daftarnya berikut ini:

1. Bayi 1 bulan

Bayi berusia 1 bulan tidur sebanyak 16 jam. Pola tidur bayi pada usia ini masih tidak konsisten. Namun biasanya, si kecil akan tidur 8 jam di siang hari dan 8 jam di malam hari. Pada usia ini, bayi mudah tertidur dan mudah terbangun. Tentu saja tiap bayi tak selalu sama, namun ukuran ini bisa memberikan gambaran tentang pola tidur bayi Anda. Pola tidur ini akan berlaku hingga ia berusia 3 bulan.

2. Bayi 3 Bulan

Bayi berusia 3 bulan akan tidur sebanyak 15 jam. Durasi tidur malam pun akan lebih banyak dari tidur siang. Si kecil biasanya akan tidur 10 jam di malam hari dan tidur 3 hingga 5 jam di siang hari. Saat berusia 3 bulan, bayi telah mengenal perbedaan siang dan malam. Pola ini biasanya akan bertahan sampai si kecil berusia 6 bulan.

3. Bayi 6 Bulan

Saat si kecil berusia 6 bulan, mereka membutuhkan waktu tidur sekitar 14 jam. Pola tidur bayi pada usia ini adalah 11 jam di malam hari dan 3 hingga 4 jam di siang hari. Anda bisa tidur malam dengan lebih pulas saat si kecil telah berusia 6 bulan.

4. Bayi 9 Bulan

Pola tidur bayi tidak banyak berubah saat ia menginjak usia 9 bulan. Mereka akan tidur setidaknya 14 jam. Pola tidurnya pun sama, 11 jam di malam hari dan 3 hingga 4 jam di siang hari. Saat si kecil berusia 9 bulan, Anda bisa mengajaknya berinteraksi.

5. Bayi 12 bulan- 36 bulan

Tidak banyak yang berubah pada pola tidur bayi di usia 12 hingga 36 bulan. Si kecil membutuhkan 13 hingga 14 jam untuk tidur. Saat malam, bayi bisa tidur sebanyak 11 jam dan 2 hingga 3 jam saat siang hari.

Ingat, si kecil membutuhkan jam tidur yang lebih banyak dari Anda. Anda bisa memantau pola tidur bayi dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

a.  Apakah bayi Anda langsung tertidur saat berada di mobil?

b. Apakah Anda selalu harus membangunkan si kecil di pagi hari?

c. Apakah bayi Anda terlihat lemas atau kelelahan di siang hari?

d. Apakah si kecil terbangun lebih awal dari jam tidur biasanya?

Jika jawabaannya “iya”, si kecil kemungkinan besar mengalami kurang tidur. Untuk mengubah pola tidur bayi, Anda harus menerapkan beberapa kebiasaan tidur sehat pada si kecil dan menjadwal jam tidurnya dengan teratur. Anda bisa melihat tipsnya di “Kenali Rahasia Jam Tidur Bayi”.  Amati terus pola tidur bayi Anda!

author
No Response

Leave a reply "Pelajari Pola Tidur Bayi Anda!"