Ini Lho Cara Tepat Atasi Cacar Air Pada Balita!

Penanganan Tepat Cacar Air Pada Balita!

Cara Mengatasi Cacar Air Pada Balita – Salah satu penyakit menular yang sering terjadi pada usia balita yaitu cacar air, pada awalnya tidak akan terlihat jika terserang cacar air karena gejalanya seperti demam biasa, anak yang terserang cacar air tubuhnya menjadi lemas dan panas dan hingga akhirnya akan muncul bintik – bintik pada sekujur tubuhnya yang bila ditekan bintik tersebut akan mengeluarkan air dan akan menyebabkan munculnya bintik baru lagi jika cairan menetes di tempat lain.

Cacar air pada balita sering terjadi karena pada usia ini anak memiliki kekebalan tubuh yang belum sempurna dan masih rentan. Jika balita terserang penyakit cacar akan membuatnya tidak nyaman dengan rasa gatalnya, selain itu tubuh menjadi lemas dan tidak napsu makan. Apa yang sebaiknya Anda lakukan jika hal tersebut menyerang anak Anda? Berikut cara mengatasi cacar air pada balita yang dibawakan oleh tim katalogibu.com.

Cara mengatasi cacar air pada balita

1. Karena ketika penyakit cacar air menyerang suhu tubuh akan meningkat untuk itu Anda dapat meberikan anak dengan parasetamol untuk meredakan panas tubuh anak. Untuk memberikan parasetamol Anda harus memberikan dosis yang telah dianjurkan oleh apoteker maupun dokter.

2. Pemberian ASI pada balita yang terserang cacar air sangat diperlukan untuk menjaga asupan nutrisi serta meningkatkan kekebalan tubuhnya. Dengan pemberian ASI juga dapat menghindarkan balita dari keadaan dehidrasi, selain itu Anda juga harus memberi asupan cairan yang cukup. Yuk baca juga Waspada Resiko Cacar Air pada Ibu Hamil

3. Untuk meredakan gatal – gatal akibat cacar air Anda bisa memberi anak dengan lotion atau bedak yang dapat menghilangkan rasa gatal, selain itu Anda juga dapat menggunakan sabun mandi anti septik.

4. Jangan sampai kuku tangan balita Anda panjang – panjang karena hal ini dapat menginfeksi cacar air yang digaruk. Jaga kuku tangan balita untuk tetap pendek dengan memeriksa setiap tiga hari sekali.

5. Berikan anak paikan yang longgar dan dapat menyerap keringat ketika terserang cacar air karena pakaian yang terlalu ketat akan membuat anak tidak nyaman dan bahan yang dipilih dari kain katun karena dapat mencegah semakin gatalnya cacar yang dipengaruhi oleh keringat.

Cara mengatasi cacar air pada balita ini dapat dilakukan sendiri dirumah, jika keadaan cacar air semakin parah seperti memerah dan mengeluarkan nanah segera periksakan pada dokter. Baca juga : Waspada 4 Macam Penyakit Menular yang Menyerang Anak!

author
No Response

Leave a reply "Ini Lho Cara Tepat Atasi Cacar Air Pada Balita!"