Pentingnya Mikronutrien untuk Anak – Anak

No comment 1038 views

Manfaat Mikronutrien untuk Anak

Manfaat Mikronutrien untuk Anak – Agar si kecil tumbuh dengan sehat maka bunda harus memberikan makanan yang lengkap. Selain makanan tersebut mengandung energi dan protein, bunda juga harus memberikan mikronutrien kepada anak. Mikronutrien ini merupakan zat yang berguna untuk mengatur berbagai gizi yang ada di dalam tubuh untuk memenuhi tumbuh kembang anak. Sebenarnya tubuh hanya memerlukan mikronutrien ini dalam jumlah yang sedikit, namun jika kekurangan akan menyebabkan masalah yang cukup serius.

Mikronutrien ini dibutuhkan untuk fungsi biologis, yang terdiri darii vitamin dan mineral seperti seng, zat besi, vitamin B kompleks, dan lain – lain yang biasanya terkandung dalam sayur dan buah – buahan. Lalu apa saja manfaat mikronutrien untuk anak yang harus bunda ketahui? Berikut ulasannya untuk Anda.

Manfaat Mikronutrien

1. Zat Besi

salmon
Besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin, hadiah protein dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Besi terdapat dalam daging merah, hati, unggas, salmon, tuna, kuning telur, kacang-kacangan kering, buah-buahan kering, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

2. Vitamin A
Vitamin A, atau retinol, merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang diperlukan untuk penglihatan yang baik dan kulit yang sehat, gigi, tulang dan jaringan lunak. Vitamin A hadir dalam daging merah, hati, ginjal, minyak ikan, telur, produk susu dan makanan yang diperkaya. Beta-karoten, yang ditemukan dalam buah-buahan kuning dan oranye dan sayuran, serta sayuran berdaun hijau, akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

3. Seng

kacang kacangan
Zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal, kulit yang sehat, pencegahan infeksi dan penyembuhan luka. Zinc ditemukan dalam daging, unggas, tiram, kacang-kacangan, biji-bijian merah dan sereal. Kekurangan zinc dapat menyebabkan pertumbuhan tertunda dan perkembangan pada anak-anak dan remaja, rambut rontok, diare, penyembuhan luka tertunda, kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan. Anak-anak di negara berkembang yang kekurangan zinc mungkin pada peningkatan risiko infeksi seperti pneumonia.

4. Asam Folat
Asam folat, juga dikenal sebagai folat atau vitamin B-9, merupakan vitamin yang larut dalam air penting untuk sintesis DNA, pertumbuhan sel, pembentukan jaringan tubuh dan pencegahan cacat lahir. Asam folat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, jus jeruk dan sereal. Asam folat memanglah pentin guntuk tubuh.

Setelah mengetahui manfaat mikronutrien untuk anak di atas tentunya bunda sudah tahu bukan bahwa mikronutrien sangat penting untuk perkembangan anak. Jangan lupa untuk memberikan anak makanan yang memngandung mikronutrien ya Bunda! Baca juga : Hentikan 6 Kebiasaan Buruk Anak ini Sekarang Juga!

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Mikronutrien untuk Anak – Anak"