Kenali 9 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak!

Kenali 4 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak!

Penyakit kulit yang sering menyerang anak – Bayi dan balita yang kekebalannya masih belum kuat sehingga mudah sekali tertular beragam penyakit salah satunya yaitu gangguan pada kulit atau penyakit kulit. Berbeda dengan orang dewasa, kulit anak – anak masih sangat sensitif yang mengharuskan orang tua untuk melakukan perawatan untuk menghindari datangnya penyakit kulit yang dapat menyerang kesehatan anak Anda.

Terjadinya penyakit kulit pada anak dapat berdampak ketidak nyamanan karena rasa panas, gatal, hingga perih terjadi pada anak yang terserang penyakit kulit. Tentu saja hal ini dapat membuatnya menangis dan rewel sehingga Anda kesulitan untuk menenangkannya. Untuk itu Anda harus mengenali jenis – jenis penyakit kulit yang sering menyerang anak serta cara mengatasinya berikut ini.

Macam – macam penyakit kulit yang sering menyerang anak

1. Biang keringat
Biang keringat pada bayi dikenal dengan sebutan miliaria, biasanya terjadi pada leher, wajah, punggung, atau bokong bayi. Secara klinis miliari terlihat dengan adanya kulit kemerahan disertai rasa gatal sehingga bayi rewel, dengan gelembung-gelembung kecil berair.

Penyebab : Udara panas, cuaca lembab, pakaian yang ketat dan aktivitas bayi yang tinggi dapat memicu ruam biang keringat.

Pengobatan : Sedapat mungkin hindari bayi Anda dari suhu yang terlalu panas dan berikan pakaian yang longgar. Dengan begitu, ruam akan terlihat lebih baik dalam waktu sekitar 30 menit.

2. Eksim
Eksim pada bayi memang belum jelas penyebabnya, tapi yang disinyalir menjadi penyebab terjadinya penyakit ini yaitu lemahnya daya tahan tubuh anak.

Gejala: Berhati-hatlah dengan munculnya ruam yang disertai kulit bersisik, yang kadang disertai gatal (beberapa tidak menimbulkan gatal sama sekali). Biasanya gejala muncul di sekitar kaki, lenagan, dan wajah.

Pengobatan : Penyakit kulit ini akan menghilang sendirinya seiring pertumbuhan anak. Atau bila masih muncul, gejalanya tidak separah sewaktu ia masih kecil.

3. Intertrigo
Merupakan gangguan kulit pada lipatan tubuh bayi. Umum terjadi pada bagian ketiak, perut, dan bagian dalam. Ditandai dengan kulit yang merah, gatal dan sakit apabila mengalami gesekan.

Penyebab : dapat terjadi karena lembab yang berlebihan.

Pencegahan : Untuk melakukan pencegahan anda dapat mencuci bagian lipatan kulit bayi dengan air atau menggunakan krim sehingga melindungi kulit bayi.

4. Seborrhea
Seborrhea adalah suatu peradangan pada kulit bagian atas, yang menyebabkan timbulnya sisik pada kulit kepala, wajah, kadang pada bagian tubuh lainnya seperti belakang telinga, leher, pipi, dan dada. Penyakit ini yang paling sering terjadi pada bayi di bawah usia 6 bulan. Pada kulit kepala, seborrhea tampak seperti ketombe, sisik kuning atau berkerak.

Penyebab : belum diketahui.

Pengobatan : Lakukan pengobatan tradisional dengan menggosokan minyak zaitun atau baby oil pada kulit kepala bayi Anda, kemudian sikat dengan lembut.

5. Kadas (ringworm)

Meski namanya ringworm, kadas tidak disebabkan oleh cacing. Penyebabnya adalah jamur yang tumbuh pada kulit mati, rambut, serta jaringan tisu pada kuku.

Gejala:

Awalnya hanya berupa lingkaran berwarna merah, bersisik dan melepuh. Anak biasanya akan mengeluh merasa perih pada bagian tersebut, lama-kelamaan akan terbentuk linkaran seperti cincin yang terus melebar besarnya.

Penularan:

Kadas ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit atau dengan binatang yang terinfeksi. Anak juga dapat terinfeksi dari benda-benda yang dipakai bersama seperti handuk, mainan, atau peralatan olah raga.
6. Impetigo

Impetigo adalah suatu infeksi/peradangan kulit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes, yang dikenal dengan Streptococcus beta hemolyticus grup A.

Gejala:

Gejala awal berupa bintik-bintik merah kecil dan kemudian melepuh, berisi nanah dan akhirnya menjadi koreng. Biasanya terjadi pada anak-anak yang kurang menjaga kesehatan tubuhnya. Penyakit kulit ini banyak terjadi di bagian wajah, lengan dan tungkai.

Penularan:

Impertigo dapat menyebar melalui kontak kulit atau melalui benda yang digunakan bersama. Menggaruk luka impertigo dapat menyebabkan penyakit menyebar ke seluruh
7. Dermatitis Kontak Alergik

Sebagian kulit anak sangat mudah bereaksi setelah menyentuh bahan-bahan tertentu seperti makanan, sabun, atau makanan yang mengandung racun seperti beberapa tumbuhan menjalar dan pohon cemara.

Gejala:

Ruam umumnya muncul dalam waktu 24 jam setelah kulit kontak dengan alergen. Dermatitis jenis ini kadang ada juga yang sampai melepuh, sangat merah bahkan berair.

Pengobatan:

Gejala ini biasanya menghilang dengan sendirinya seiring dengan menghilangnya pemicu alergi.

8. Fifth Disease

Nama penyakit ini memang unik. Disebut juga dengan Slap Cheek atau Slap face karena si Penderita terlihat seperti baru saja kena tamparan.

Gejala:

Umumnya menyerang anak-anak, dengan gejala pertama seperti demam ringan, dan pilek (selesma). Beberapa hari kemudian timbul ruam-ruam di wajah yang melebar ke badan, lengan dan kaki. Pada saat timbul ruam, demam dan flu menghilang.

Fifth disease ditularkan melalui cairan hidung, mulut dan tenggorokan pada waktu penderitanya batuk atau bersin.

9. Hives/ Urtikaria

Penyakit ini merupakan reaksi alergi. Suhu ekstrim, obat, makanan pemicu alergi seperti telur, kacang, tiram, udang, dan beberapa zat aditif disinyalir sebagai pemicu munculnya penyakit kulit ini.

Gejala:

Cirinya adalah gatal yang memerah seperti luka habis terbakar. Bilur atau gatal dapat muncul di bagian tubuh mana saja dalam jangka waktu beberapa menit hingga beberapa hari. Hives bisa menjadi tanda penyakit serius lainnya.

Itulah jenis – jenis penyakit kulit yang sering menyerang anak, jika muncul gejala dari salah satu penyakit kulit di atas Anda harus mengikut perkembangannya dan segera lakukan pengobatan jangan sampai penyakit kulit tersebut semakin parah. Pergi ke dokter merupakan solusi yang tepat saat si kecil terserang penyakit kulit dalam waktu berhari – hari. Baca juga : Waspada 4 Macam Penyakit Menular yang Menyerang Anak!

author
No Response

Leave a reply "Kenali 9 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang Anak!"