Perhatikan Warna Ingus Balita untuk Mendeteksi Penyakitnya!

Perhatikan Warna Ingus Balita untuk Mendeteksi Penyakitnya!

Mendeteksi penyakit dari warna ingus balita – Mendeteksi penyakit si kecil ternyata bisa dilakukan dari hal yang sering tidak terduga, seperti dari warna pipis dan warana ingusnya. Mungkin Anda tidak mengetahui jika dari ingus balita dapat mendeteksi penyakit. Cairan lendir yang diproduksi oleh mukosa yang biasanya keluar dari hidung ini memang terjadi pada siapa saja, baik anak kecil hingga orang dewasa.

Jika biasanya setelah mengusap ingus bayi langsung membuang tisu tersebut, mulai saat ini Anda harus membiasakan untuk melihat warna ingus si kecil untuk mendeteksi penyakit apa yang sedang menyerang balita Anda. Jangan sampai ingus si kecil memberi tanda bahaya namun Anda tidak menghiraukannya. Lalu bagaimana mendeteksi penyakit dari warna ingus balita? Simak ulasan berikut ini.

Mengenal jenis penyakit dari ingus anak

1. Ingus Tidak Berwarna (Bening Atau Putih)
Pada dasarnya ini adalah warna normal dari cairan mukosa atau ingus yang dihasilkan oleh hidung. Ingus dengan warna ini hanya menunjukan peningkatan produksi lendir, hal ini biasanya sebagai akibat yang ditimbulkan oleh reaksi alergi ataupun infeksi virus tahap awal seperti saat anda mengalami influenza dan common cold.

2. Ingus warna kuning
Ini adalah pertanda bahwa tubuh anak kita sedang terinfeksi influenza. Saat ini sel darah putih sibuk bekerja melawannya. Sebaiknya ajak mereka istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat. Tanpa pengobatan medis flu akan sembuh dalam 10-14 hari.

3. Ingus warna hijau
Sebaiknya kita mulai waspada, karena itu adalah indikasi kemungkinan adanya infeksi telinga dan sinus. Apabila hal ini terjadi, biasanya sinus akan disertai gejala lain seperti demam, tersumbat, nyeri pada hidung atau telinga.

4. Ingus warna merah atau pink
Apakah pink atau merah karena darah? Bisa jadi terjadi kerusakan jaringan lunak di dalam hidung anak kita. Tanyakan pada mereka apakah mereka baru saja mengorek-ngorek lubang hidung atau memasukkan benda atau apa saja ke dalamnya.

5. Ingus warna coklat
Warna ingus coklat bisa saja karena adanya darah. Pastikan apakah balita menghirup benda-benda asing seperti tembakau, debu atau serbuk yang berwarna coklat. Jika yang terhirup adalah bubuk yang tidak membahayakan maka dalam waktu beberapa hari akan hilang sendiri.

6. Ingus warna hitam
Jika warna ingus anak sudah mulai gelap atau kehitaman Anda harus waspada, karena ini berarti kekebalan tubuh balita sedang terganggu. Segera bawa ke dokter jika Anda menemui warna ingus balita seperti ini.

Perlu Anda perhatikan cara mendeteksi penyakit dari warna ingus balita di atas. Sebagai orang tua Anda harus selalu memperhatikan kondisi balita bahkan dari hal – hal terkecil tersebut. Baca juga : Perhatikan Warna Pipis si Kecil dari Popoknya

author
No Response

Leave a reply "Perhatikan Warna Ingus Balita untuk Mendeteksi Penyakitnya!"