Sentuhan Lembut Untuk Perawatan kulit bayi

No comment 1058 views

Sentuhan Lembut Untuk Perawatan kulit bayi

Perawatan Kulit Bayi – Gangguan kulit pada bayi seperti biang keringat, eksim popok, dan eksim susu sebenarnya bisa diatasi bila orang tua rajin menjaga kesehatan kulit. Caranya dengan rajin mengganti popok, memilih bahan pakaian yang lembut, serta menjaga udara kamar agar tetap sejuk dan nyaman.

Kulit bayi juga rentan terhadap infeksi karena sistem perlindungan terhadap mikroorganisme belum sepenuhnya terbentuk. Oleh karena itu, perawatan yang baik terhadap kulit bayi yang sensitif sangatlah penting pada bulan-bulan pertama kehidupannya.

Berbeda dengan kulit dewasa yang tebal dan mantap, kulit bayi relatif tipis dengan ikatan antarsel yang longgar. Karena
itu kulit bayi lebih rentan terhadap infeksi, iritasi, dan alergi. Secara struktural kulit bayi belum berkembang dan berfungsi optimal sehingga diperlukan perawatan khusus.

  • Perawatan kulit bayi dengan membersihkan kulitnya setiap hari.

Dalam empat bulan pertama, Anda sebaiknya tidak memandikan bayi setiap hari. Para pakar perawatan bayi menganjurkan untuk memandikan bayi seminggu sekali, terutama pada satu-dua bulan pertama kehidupan. Sabun khusus bayi memang lebih ramah terhadap kulit bayi, tetapi penggunaannya tidak boleh terlalu sering. Untuk menjaga agar kulit bayi tidak mengering karena sabun, ke dalam air mandinya Anda dapat menuangkan beberapa tetes minyak zaitun atau baby oil.

Bayi dapat memiliki beberapa masalah atau kondisi kulit. Dalam cuaca panas, kulit bayi dapat teriritasi oleh panas. Biang keringat akan muncul dalam bentuk benjolan-benjolan merah kecil di tempat yang sering basah oleh keringat, misalnya di area popok, ketiak, punggung dan leher.

Menempatkan bayi di ruangan sejuk dan nyaman, perawatan kulit bayi tersebut adalah cara terbaik untuk mencegah dan mengobati biang keringat. Pakaian longgar dan menjaga daerah yang terkena tetap kering juga dapat membantu. Berikanlah bedak khusus bayi agar terhindar dari biang keringat http://www.bilna.com/blog/pigeon-baby-powder-selembut-kulit-bayi/

  • Berikanlah sentuhan lembut

Selain melakukan perawatan kulit bayi cobalah memberikan bayi Anda pijatan lembut. Sama seperti pelukan, pijatan juga salah satu cara menyampaikan cinta dan perhatian kepada bayi Anda. Pada faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertahan hidup bayi bergantung pada sentuhan orang lain. Sentuhan memicu pelepasan hormon, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu melawan penyakit. Selain itu, bayi yang dipijat lebih tenang, tidur lebih baik, dan lebih jarang menangis.

author
No Response

Leave a reply "Sentuhan Lembut Untuk Perawatan kulit bayi"