Seputar Biang Keringat Dan Perawatannya

No comment 967 views

 

biang keringatHalo Ibu, pernah tidak si Kecil badannya merah-merah seperti keringat yang tidak keluar? Ibu tentu mulai bingung bagaimana memberikan perawatan bayi yang terkena biang keringat. Di luar sana, tentu banyak juga ibu-ibu yang mengalami hal sama dalam menghadapi si Kecil yang terkena biang keringat.

Biang keringat memang sering sekali dialami si Kecil karena adanya penyumbatan pada kelenjar keringat yang belum sempurna. Biang keringat sering mengenai daerah wajah, bahkan hampir seluruh tubuh bayi. Biang keringat tidak berbahaya untuk kesehatan bayi dan akan hilang beberapa minggu, tetapi perlu perawatan bayi agar kulit mulusnya tetap terjaga.

Biang keringat dalam istilah kedokteran disebut dengan miliaria dan orang-orang biasa menyebutnya dengan keringat buntet. Biang keringat ditandai dengan munculnya bintil-bintil di kulit yang amat kecil dan berisi air. Berikut, jenis-jenis biang keringat yang sering terjadi pada si Kecil:

  • Miliria Kristalin

Biang keringat ini paling sering terjadi pada bayi dengan ditandai danya bintil-bintil kecil (1-2mm) yang muncul di daerah tertutup. Biang keringat ini akan sembuh dengan sendirinya dengan ditandai munculnya sisik-sisik halus. Ibu bisa mengenakan pakaian tipis dan menyerap keringat sehingga keringat bisa menguap dengan baik.

  • Miliria Rubra

Jenis biang keringat ini termasuk pada tahap yang lebih berat dibanding dengan miliria kristalin. Bintil-bintil yang lebih besar, gatal dan pedih serta berada area badan yang bergesekan dengan pakaian. Penyebab miliria rubra ini memang belum pasti, tetapi mereka yang terbiasa di daerah tropis akan sering terkena miliria rubra ini.

Perawatan bayi yang bisa diberikan adalah memakaikan baju tipis dan menyerap keringat untuk si Kecil tersayang. Berikan bedak salisil 2% yang mengandung mentol untuk meringankan rasa gatal pada badan si Kecil.

  • Miliria Profunda

Miliria profunda merupakan miliria rubra yang akut. Gejalanya ditandai dengan bintil berwarna putih keras serta banyak terdapat di badan, tangan, dan kaki. Bintil ini tidak berisi air, tidak gatal dan jika diraba bintil tersebut terasa keras. Perawatan bayi yang bisa diberikan dengan mengolesi lotion calamine dan lotion resorsin 3 %.

Tentunya, perawatan bayi yang diberikan untuk mengatasi biang keringatnya sangat mudah. Namun, Ibu perlu periksa ke dokter jika bintil-bintil pada tubuh si Kecil sangat banyak yang tentunya membuat rewel si Kecil. Pastikan bahwa si Kecil bisa terhindar dari penyakit yang bisa menghambat aktivitas cerianya. Semangat, Bu.

author
No Response

Leave a reply "Seputar Biang Keringat Dan Perawatannya"