Simak Yuk Tips Membersihkan Mulut Bayi

Beberapa menit setelah Anda menyusui bayi Anda, Anda mungkin akan menemukan bercak-bercak berwarna putih di mulut bayi Anda. Bagi orangtua baru, adanya penampakan bercak-bercak putih di langit-langit mulut bayi bisa menimbulkan kekhawatiran akan kesehatan bayi. Namun sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yang berbahaya, jadi Anda dapat sedikit bernapas lega. Bercak-bercak putih tersebut adalah sisa-sisa ASI atau sufor yang menempel di langit-langit mulut bayi. Namun apabila bercak-bercak tersebut dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan, maka dapat mengundang masalah baru yaitu berkembangbiaknya jamur candida albicans yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada bayi. Simak yuk tips membersihkan mulut bayi berikut ini.

Tips membersihkan mulut bayi yang pertama adalah, Anda perlu memperhatikan timing yang tepat. Untuk membersihkan mulut bayi, paling tidak tunggulah selama 30 menit setelah pemberian ASI. Membersihkan mulut bayi segera setelah Anda selesai menyusui dapat mengakibatkan bayi muntah, jadi berhati-hatilalh, Moms.

Untuk membersihkan bercak-bercak putih tersebut dari mulut bayi, Anda dapat menggunakan kain kasa yang dililitkan pada jari telunjuk Anda. Pastikan bahwa kain kasa yang Anda gunakan steril dan jari Anda pun sudah dicuci bersih. Anda tentu tidak ingin kan menjadi perantara bagi kuman penyakit dan bakteri dalam memasuki tubuh si kecil?  Anda juga bisa menggunakan kain waslap yang bersih, atau jika Anda memiliki budget lebih, Anda juga dapat membeli sikat gigi khusus yang dirancang untuk bayi yang dapat Anda peroleh di toko-toko peralatan bayi.

Untuk membersihkan mulut bayi Anda, pertama-tama Anda perlu membasahi kain kasa atau waslap tersebut dengan air matang yang hangat dan balutkan kain basah tersebut pada jari telunjuk Anda. Baringkan atau pangku bayi Anda dengan posisi yang nyaman. Setelah itu baru mulailah membersihkan mulut bayi bagian luar terlebih dahulu.

Setelah itu, mulailah membersihkan bagian dalam mulut bayi dengan memasukkan jari Anda ke dalamnya dan menggosok bagian gusi bayi, mulai dari bagian belakang hingga bagian depan. Lakukan hal yang sama pada gusi bayi bagian bawah. Selanjutnya bersihkan bagian lidah bayi mulai dari pangkal lidah ke bagian depan. Jangan terlalu dalam memasukkan jari Anda ke dalam mulut bayi, karena hal tersebut dapat membuat bayi tersedak atau mengakibatkan gag reflex bayi muncul.

Demikianlah beberapa tips membersihkan mulut bayi. Semoga informasi ini membantu Anda dan bayi Anda, Moms.

 

author
No Response

Leave a reply "Simak Yuk Tips Membersihkan Mulut Bayi"