Stop! Cegah Kanker Mulut pada Anak dengan 5 Cara ini

Stop! Cegah Kanker Mulut pada Anak dengan 5 Cara ini
Kanker mulut pada anak – Mendengar kata kanker pasti membuat Anda merinding, penyakit ini memang berbahaya dan dapat menjadi penyakit yang mematikan. Kanker dapat terjadi pada siapa saja dari anak – anak hingga orang dewasa, beberapa kanker sering terjadi pada anak – anak salah satunya yaitu kanker mulut. Kanker ini merupakan kanker yang terdapat pada semua bagian mulut baik itu gigi, gusi, lidah, langit – langit mulut, bibir dan apa saja yang terdapat pada bagian mulut dan merupakan kategori kanker kepala dan leher.

Ciri ciri dan gejala kanker mulut antara lain adanya gumpalan atau penebalan pada kulit mulut, gigi yang tidak tersusun rata, tanggalnya gigi, sulit mengunyah dan menelan, sakit tenggorokan, dan adanya bisul diarea mulut yang tidak dapat disembuhkan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati adalah istilah yang tepat agar tidak terjadi kanker mulut pada anak. Untuk itu bunda wajib ketahui cara pencegahan kanker mulut agar tidak terjadi pada buah hati Anda.

Cara mencegah kanker mulut pada anak

1. Ajari anak untuk sikat gigi teratur
Risiko berkembangnya sel kanker pada mulut dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan mulut. Kondisi mulut yang tidak sehat mengurangi sistem kekebalan tubuh dan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan kanker. Ajari anak sikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari dan bersihkan gigi dengan benang khusus (flossing).

2. Ajak anak untuk selalu secara teratur
Gaya hidup yang aktif dan sehat diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker mulut.

3. Makan makanan anti kanker
The American Institute for Cancer Research merekomendasikan untuk makan banyak kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat untuk mencegah kanker.

4. Kurangi mengolah makanan dengan menggoreng
Ganti cara pengolahan makanan dengan menggoreng dan memanggang menjadi merebus atau mengukus. Gunakan bumbu sehat seperti bubuk bawang putih, jahe dan kunyit untuk menambah rasa.

5. Rutin periksa gigi
Walaupun anak sangat tidak suka untuk pergi ke dokter gigi, Anda harus menjelaskan bahwa hal ini penting. Ajaklah anak untuk periksa gigi secara rutin minimal enam bulan sekali dan mintalah dokter untuk melakukan skrining kanker mulut agar dapat mendeteksi sejak dini.

Untuk mencegah kanker mulut pada anak sangatlah mudah. Sebagai orang tua yang baik Anda wajib memperhatikan kesehatan anak dengan melakukan hal – hal di atas agar anak terhindar dari kanker mulut. Baca juga : Kenali Kanker pada Anak dan Cara Mendeteksi Dini

author
No Response

Leave a reply "Stop! Cegah Kanker Mulut pada Anak dengan 5 Cara ini"