Taukah moms, 5 Bahaya Gigi Berlubang Pada Anak?

Katalogibu – Seseorang baru akan memerikasakan giginya ke dokter apabila merasakan sakit atau nyeri yang tak tertahankan pada giginya. Padahal kesehatan gigi perlu perhatian khusus termasuk kesehatan gigi pada anak. Menjaga kesehatan gigi pada anak adalah salah satu hal yag tidak dapat diabaikan begitu saja. Memang hal yang wajar jika anak mempunyai gigi rusak, namun hal itu tidak baik apabila dibiarkan begitu saja. Berikut bahaya gigi berlubag.

 

  1. Gigi terasa sangat ngilu

Ini adalah salah satu akibat langsung dari gigi yang berlubang. Tidak hanya ketika makan akan merasakan ngilu dan nyeri, tetapi dalam keadaan diam tidak melakukan aktivitas pun tetap merasakannya. Kemungkinan gigi akan terasa lebih sakit apabila gigi yang berubang masuk kedalam syaraf gigi yang pastinya akan berbahaya dan menyakitkan.

 

  1. Kerusakan pada gigi tetap

Gigi susu yang dibiarkan tetap berlubang samapai membussuk akan menyebabkan gigi utama ikut menjadi rusak nantinya. Biasanya, akan timbul bisul pada gigi yang berlubang. Ketika anak mengalami gigi berlubang di masa kecilnya, kemungkinan ketika dewasa ia juga akan mengalami hal yang sama.

 

  1. Gigi tetap akan tumbuh tidak rata

Gigi susu tidak sama halnya dengan gigi tetap, gigi akan menghilang dan akibatnya rahang anak mengecil. Sehingga ini mengakibatkan gigi tetap yang berada di bawah gigi susu tidak mendapat tempat untuk tumbuh. Dengan begitu susuan gigi akan berantakan, entah kesamping, kedepan dan belakang.

 

  1. Anak kekurangan nutrisi

Saat si kecil sedang bermasalah dengan giginya maka akan menolak untuk mengunyah bahkan makan sekalipun. Hal ini mengakibatkan anak mengalami kekkurangan asupan nutris sehingga mengakibatkan berat badannya turun. Dengan ini bisa dikatakan gigi adalah hal yang menentukan kualitas hidup anak.

 

  1. Mengganggu kesehatan tubuh lainnya

Gangguan yang terjadi pada mulut bisa menjalar ke bagian tubuh yang lainnya seperti infeksi telinga yang biasa disebut sinus. Hal ini dikarenakan pembuluh darah disekitar gusi tidak meiliki penutup sehingga jika ada kotoran dan bakteri dapat masuk mengikuti aliran darah yang menuju ke kepala. Dengan begitu bisa saja si anak mengalami pembengkakan di wajahnya.

 

Itulah moms 5 bahaya gigi berlubag yang harus di ketahui. Dengan mengetahui bahayanya moms bisa memberikan perhatian khusus pada anak ketika mengalami keadaan tersebut. Peiksakanlah gigi anak ke dokter dengan rajin, minimal 6 bulan sekali ya moms.

author
No Response

Leave a reply "Taukah moms, 5 Bahaya Gigi Berlubang Pada Anak?"