Terkuaknya Penyebab Anak Asri Welas Terkena Katarak

7edb30cb06781bc1504e75f93633718b-082853800_1505210275-Untitled-1

Baru-baru ini di berbagai media digital, kita digemparkan oleh kabar dari selebriti Indonesia yaitu Asri Welas yang mengabarkan bahwa anak keduanya terkena katarak, di usia yang terhitung sangat muda. Rayyan Gibran Ridhaharja baru berusia 3 bulan ketika ia didiagnosa terkena katarak. Dan tentu saja hal tersebut membuat ibundanya bagaikan tersambar petir di siang bolong. Hingga saat ini, penyebab anak Asri Welas terkena katarak masih belum diketahui, walaupun dari hasil pemeriksaan laboratorium sama sekali tidak terdeteksi adanya infeksi TORCH maupun kejanggalan yang lain.

 

Si kecil Ibran kini sudah sembuh setelah menjalani operasi katarak sebanyak 2 kali, walaupun ia tetap harus menggunakan bantuan kacamata untuk memperingan kerja retinanya. Tapi memang harus diakui bahwa masyarakat Indonesia masih sangat awam dalam memahami penyebab anak Asri Welas terkena katarak, maupun katarak yang menimpa bayi lainnya. Karena selama ini katarak hanya dianggap sebagai penyakit orang lansia, sehingga kabar bahwa seorang bayi pun bisa terkena katarak pasti terdengar mengejutkan.

Menurut ahli kesehatan sendiri, katarak pada bayi bukanlah fenomena yang langka. Katarak, atau kelainan yang menyebabkan kekeruhan pada lensa mata ini diakibatkan oleh adanya penambahan cairan lensa maupun denaturasi protein lensa mata. Apabila dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin katarak tersebut akan bertambah parah sehingga merusak daya penglihatan anak. Untungnya, gejala katarak sangatlah mudah untuk dicermati. Munculnya katarak ditandai dengan adanya noda putih atau bercak-bercak keabu-abuan pada bagian tengah mata bayi. Katarak yang terjadi pada anak yang masih berusia bayi disebut dengan katarak kongenital.

Penyebab dari katarak kongenital ini pun bermacam-macam. Bisa jadi karena faktor genetik atau keturunan, namun juga bisa disebabkan oleh masalah metabolik, trauma, inflamasi, atau sebagai reaksi obat yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan. Selain itu, katarak juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes yang diidap oleh bayi Anda.

Selain serangkaian faktor di atas, tidak menutup kemungkinan jika penyakit katarak yang diderita bayi disebabkan oleh efek infeksi virus yang menjangkit ibu selama hamil. Infeksi tersebut bisa jadi berupa infeksi dari penyakit campak, cytomegalovirus, herpes simplex, herpes zoster, poliomyelitis, influenza, vierus Epstein-bar, sifilis, dan toksoplasmosis. Walaupun dalam kebanyakan kasus, katarak pada bayi disebabkan oleh adanya infeksi virus Rubella.

Sama seperti setelah mengetahui penyebab anak Asri Welas terkena katarak, bayi yang terkena penyakit ini bisa disembuhkan dengan menggunakan jalur operasi. Namun, tidakkah lebih baik jika Anda melakukan langkah preventif? Langkah preventif tersebut bisa Anda lakukan semenjak sebelum Anda memulai program hamil, yaitu dengan melengkapi rangkaian vaksinasi. Dan saat hamil pun jangan lupa untuk rajin memeriksakan kondisi kehamilan Anda.

author
No Response

Leave a reply "Terkuaknya Penyebab Anak Asri Welas Terkena Katarak"