Tips Bunda Menjaga Kesehatan Mata Anak

No comment 865 views

Tips Bunda Menjaga Kesehatan Mata Anakkesehatan mata anak – banyak faktor yang dapat menggangu kesehatan mata pada anak, diantaranya adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin dan gizi yang berfungsi untuk menunjang kesehatan mata anak.

Memakan makanan yang menyehatkan mata. Hal yang satu ini sangat penting, karena selain akan menjaga kesehatan mata, juga akan menjaga kesehatan tubuh mereka. .sebagian makanan yang mempunyai vitamin lain juga menyehatkan mata dan juga mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh. Contohnya adalah pepaya, mangga wortel, pisang, , labu, dan lainnya.

Radiasi pada layar televisi, telepon, tablet, layar monitor komputer membuat banyak anak terancam memiliki gangguan penglihatan di usianya yang dini. Karena itu deteksi sangat penting untuk mengetahui kondisi mata anak apakah mengalami gangguan penglihatan atau tidak. Bila hal itu terjadi, sebaiknya Ibu melakukan pemeriksaan sejak dini pada anak sebelum terlambat.

Dan untuk menjaga kesehatan mata anak simak tips berikut.

1. Kurangi menonton tv
Jangan perbolehkan anak sering sering menonton. Jaman sekarang bukan tidak mungkin anak suka menonton tv atau film, apalagi jika yang mereka tonton adalah kartun. Bukannya tidak boleh loh ya, tapi kurangi kebiasaan nonton tv, terutama dalam jarak yang cukup dekat. minimal 5 kali diagonal inchi tv untuk jarak yang tepat nonton TV

2. Makan wortel
Jenis sayur wortel ini memiliki kandungan beta karoten dan kaya akan serat alami, yaitu sebuah zat antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit mata katarak serta degenerasi otot-otot mata.

3. Kebiasaan membaca
Dalam posisi duduk dengan pencahayaan yang cukup terang dari arah belakang atau samping dan jarak baca sekitar 30 cm adalah posisi yang terbaik saat anak sedang membaca buku, buku cerita, komik ataupun buku bergambar, mengingat jarak ini mata dalam kondisi rileks. Jangan membiarkananak membaca dengan tidur-tiduran, karena posisi ini bisa menarik otot bola mata ke arah bawah

4. Makanan jenis coklat hitam
Pada makanan jenis coklat hitam berguna untuk kornea mata anak karena memiliki kandungan zat “kakao ekstrak”. jangan sampai berlebihan dalam hal mengkonsumsi makanan cokelat terutama hindari memakan coklat yang mengandung terlalu banyak zat gula atau pemanis buatan. Carilah jenis cokelat hitam yang lebih mengandung kadar gula alami.

5. Jenis ikan
Makan jenis ikan penting sebab daging ikan mengandung kandungan zat yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbukan kesehatanmata anak. Ikan juga mengndung omega 3 yang berfungsi menyehatkan kondisi otot otot mata
Dengan pengetahuan yang bunda miliki tentang menjaga kesehatan mata anak, bunda dapat mengontrol kegiatan kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan mata.

Baca Juga Simak Bunda! Bahaya Merokok Pada Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "Tips Bunda Menjaga Kesehatan Mata Anak"