Tips Cara Atasi Bayi Cegukan Dengan Mudah

Apakah Anda seorang ibu? Memiliki seorang anak tentu menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. Banyak momen hebat yang akan Anda lalui ketika bersama sang kecil, suka duka pastilah ada. Salah satu masalah yang kerap dialami oleh bayi adalah cegukan. Walau tidak berbahaya tapi cegukan pada bayi ini tentu akan membuat setiap ibu khawatir. Lalu bagaimana Cara Atasi Bayi Cegukan? Anda tidak perlu khawatir yang berlebihan ketika mengalami masalah ini, karena cegukan bukanlah masalah yang serius. Penyebab cegukan pada bayi biasanya terjadi karena saat si kecil menangis saat menyusu.

Tidak hanya sang kecil, orang yang sudah dewasa pun tentu akan sangat sebal jika mengalami cegukan. Cegukan pada bayi apabila di biarkan akan membuatnya menjadi rewel, batuk-batuk, dan bahkan muntah. Oleh karena itulah sepertinya informasi mengenai Cara Atasi Bayi Cegukan akan menarik untuk diperhatikan.cegukan-pada-bayi-1

  1. Ubah posisi bayi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah posisi bayi saat sedang disusui. Cobalah untuk mengubah posisi menyusui Anda dan terus menyusuinya sampai cegukan tersebut hilang.

  1. Tenangkan bayi

Tak jarang saat menyusui bayi terlalu semangat dan menyebabkan udara masuk ke dalam diafragmanya. Jika hal tersebut terjadi cobalah untuk menenangkan si kecil, caranya gosoklah punggung bayi dengan lembut dan perlahan untuk membuatnya tenang dan cegukan pasti akan berangsur-angsur menghilang.

  1. Hentikan proses menyusui

Jika Anda sudah melakukan kedua langkah diatas tapi sang bayi tetap saja tdak berhenti cegukan maka hentikanlah proses menyusui tersebut. sandarkan si kecil tegak menghadap Anda dengan kepalanya pada bahu Anda, lalu tepuk-tepuk lembut bagian punggungnya seperti sedang menyendawakannya. Hal ini dapat membatu mendorong udara dari diafragma ke atas dan bisa menghentikan cegukan.

  1. Peluk

Saat mengalmi cegukan cobalah untuk memeluk sang buah hati Anda, terkadang hal ini dapat menghentikan cegukannya.

  1. Botol susu yang tepat

Jika bayi Anda menyusu menggunakan botol, maka perhatikan botolnya. Apakah botolnya mempunyai regulator dan juga lubang pada dot bayi. Sebaiknya Anda memilih yang menggunakan lubang dot-nya yang lebih kecil ketika menggunakan botol.

Itulah Cara Atasi Bayi Cegukan yang memang sangat manjur, jangan cemas saat mengalaminya karena cegukan bukanlah suatu masalah yang besar dan memang wajar terjadi pada bayi.

author
No Response

Leave a reply "Tips Cara Atasi Bayi Cegukan Dengan Mudah"