Tips Membersihkan Telinga Bayi Dengan Mudah

Menjaga kebersihan tubuh bayi merupakan satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orangtua untuk menjaga si kecil dari terserang berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah membersihkan telinga bayi untuk menghindarkan anak Anda dari resiko penyakit yang berhubungan dengan kebersihan telinga. Akan tetapi, membersihkan telinga bayi memang bukan perkara yang mudah. Ketidakhati-hatian dalam membersihkan telinga bayi dapat berakibat kerusakan permanen pada telinga bayi Anda. Tentu Anda tidak menginginkan bayi Anda menjadi tuna rungu, kan? Nah, simak yuk tips membersihkan telinga bayi dengan mudah berikut ini.

  • Bersihkan Telinga Bayi Saat Memandikan Bayi

Kotoran yang menempel di telinga bayi memang sedikit susah untuk dibersihkan. Salah satu tips membersihkan telinga bayi dengan mudah adalah, Anda dapat melakukannya selagi Anda memandikan si kecil. Uap dari air hangat yang Anda gunakan untuk memandikan bayi Anda sangat manjur dalam membantu melunakkan kotoran-kotoran yang menempel di telinga, sehingga memudahkan Anda dalam membersihkan telinga bayi. Bersihkan telinga bayi bagian luar dengan menggunakan kain bersih yang lembap. Dan juga jangan lupa untuk menyeka bagian dalam lipatan telinga bayi.

  • Hindari Menggunakan Cotton Buds

Banyak ibu menggunakan cotton buds untuk membantu membersihkan telinga bayi bagian dalam. Padahal menggunakan cotton buds memiliki resiko yang sangat fatal dan dapat membahayakan pendengaran bayi. Apabila cotton buds masuk terlalu dalam ke dalam telinga bayi (hal ini seringkali terjadi jika bayi Anda memberontak saat Anda membersihkan telinganya), resikonya adalah cotton buds tersebut akan merobek gendang telinga bayi sehingga mengakibatkan bayi menjadi kehilangan pendengarannya.

  • Gunakan Tetes Telinga

Ada kalanya kain bersih yang Anda gunakan tidak dapat menjangkau telinga bayi, dan juga dikhawatirkan jika menggunakan cotton buds dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada pendengaran bayi. Salah satu alternatif yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan obat tetes telinga. Obat tetes telinga ini dapat ditemukan dengan mudah di apotik. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk obat tetes telinga. Ada baiknya Anda mengkonsultasikan hal ini dengan dokter THT dan dokter anak terlebih dahulu untuk menemukan obat tetes telinga yang sesuai dan aman untuk bayi Anda.

  • Jangan Membersihkan Telinga Bayi Saat Telinga Kering

Membersihkan telinga bayi dengan keadaan telinga yang kering tidak hanya sulit tetapi juga berisiko mengakibatkan telinga bayi terkena iritasi atau luka. Sehingga, sangatlah disarankan bagi Anda untuk mengikuti tips poin pertama dari artikel ini untuk membersihkan telinga bayi dengan mudah.

Demikianlah tips membersihkan telinga bayi dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Tips Membersihkan Telinga Bayi Dengan Mudah"