Tips Menjaga Kesehatan Balita 0-5 Tahun

No comment 3748 views

kesehatan balitaKesehatan BalitaMenjaga kesehatan bayi adalah upaya yang penting untuk diutamakan, karena bayi yang sehat akan menentukan pertumbuhannya. Jika kondisi badan dan kesehatannya kurang terjaga, maka bisa berakibat buruk terhadap tumbuh kembangnya.

Kurangnya perhatian dan pemahaman tentang cara menjaga kesehatan bayi adalah beberapa alasan mengapa bayi bisa jatuh sakit. Banyak tindakan kurang tepat yang dilakukan, seperti saat bayi membutuhkan pengobatan, tetapi tidak diobati, ataupun sebaliknya saat bayi hanya mengalami sakit karena gejala biasa malah melakukan tindakan pengobatan yang tidak perlu.

Perlu diketahui, sakit adalah gejala yang dihadirkan tubuh dalam merespon segala sesuatu yang terjadi dalam tubuh. Sakit pada bayi adalah hal yang umum terjadi, tak perduli bagaimana Anda merawat dan menjaga kesehatannya, tetap saja bayi akan mengalami sakit. Karena itu, perlu sebuah wawasan tentang kesehatan bayi.

Tips untuk menjaga kesehatan balita 0-5 tahun di antaranya sebagai berikut.

1. Rawat balita di bawah usia 1 tahun dengan baik, penuhi haknya untuk mendapatkan ASI penuh selama 6 bulan pertama kelahirannya.

2. Kebersihan balita harus selalu dijaga. Misalnya dengan rajin memandikannya dengan baik, langsung mengganti celana balita setelah ia mengompol atau pup, mencuci semua peralatan bayi sampai bersih dengan menggunakan cairan khusus pembersih peralatan bayi, dan masih banyak lagi.

3. Periksakan kesehatan balita pada dokter, salah satunya untuk mengetahui kekurangan apa yang dialami oleh balita. Misalnya saja ia kekuaranga asupan vitamin A atau vitamin C. Maka orang tua bisa memberikan porsi asupan makanan yang lebih banyak mengandung vitamin A atau vitamin C.

4. Memberikan makanan yang bersifat lunak untuk balita sekitar usia 7 bulan sampai 1 atau 2 tahun tanpa mengurangi nilai gizinya.

5. Usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan makanan olahan yang sudah siap saji. Memasak dan mengolah makanan dengan bahan-bahan bergizi secara langsung oleh ibu akan lebih baik karena tidak mengandung bahan tambahan kimia lainnya seperti bahan pengawet atau penambah rasa.

6. Ketika anak sudah berusia 2 smapai 5 tahun, tidak ada salahnya untuk mengajak balita berolahraga ringan setiap pagi. Ia akan terbiasa dengan kegiatan olahraga sampai ia beranjak besar.

No Response

Leave a reply "Tips Menjaga Kesehatan Balita 0-5 Tahun"