Tips Pemilihan Pakaian dan Popok Bayi Yang Tepat

Perawatan Kulit BayiPerawatan Kulit Bayi – Kulit anak balita masih sangat lembut dan tipis sehingga membutuhkan perawatan yang benar dan dilakukan secara rutin setiap hari. Peran seorang ibu sangat penting dalam merawat dan menjaga kebersihan kulit si kecil, juga dalam mengatasi masalah penyakit kulit yang dapat menyerang si kecil.

Lapisan kulit luar anak balita masih lembut dan tipis serta sangat mudah sekali dimasuki bibit penyakit, sehingga membutuhkan perawatan yang benar dan dilakukan secara rutin setiap hari. Selain itu, kulit si kecil juga harus selalu mendapatkan perlindungan karena kondisinya tidak selamanya selalu sehat dan kuat, terkadang bisa menjadi lemah sehingga mudah sekali diserang bibit penyakit.

Merawat dan menjaga kesehatan kulit bayi tentunya sangat bergantung pada peran ibu, bagaimana cara si ibu menjaga kebersihan dan melakukan perawatan kulit anaknya, apakah sudah benar dan dilakukan secara rutin setiap hari. Mandi adalah salah satu cara paling sederhana untuk memelihara dan menjaga kesehatan kulit dari luar.

Mandikanlah si kecil secara teratur, sedikitnya dua kali dalam sehari. Bersihkanlah seluruh tubuhnya dengan benar, dan yang paling penting ketika menyabuni harus sampai ke tiap sudut permukaan kulit yang sulit dijangkau, seperti pada sela-sela jemari kaki dan tangan, lipatan siku, lipatan telinga, dan lipatan permukaan kulit lainnya yang selalu luput dalam proses membersihkan saat mandi. Jika bagian kulit tersebut selalu luput dibersihkan maka jamur kulit akan mudah bersarang.

Gunakan Kosmetika Yang Aman Bagi Bayi

  • Teliti terlebih dulu terhadap kosmetika yang akan digunakan termasuk isi, tujuan, cara pemakaian, tanggal produksi, masa kadaluwarsa dan izin POM.
  • Gunakan bedak dan minyak telon setelah mandi ke seluruh tubuh untuk menjaga kulit bayi dari iritasi, selain itu penggunaan minyak telon ini dapat menghidanrkan bayi dari gigitan serangga karena baunya yang menyengat yang tidak disukai oleh serangga.
  • Jangan gunakan penggunaan kosmetika bayi secara berlebihan, hal ini akan membuat tersumbatnya pori-pori yang dapat menimbulkan terjadinya ruam
  • Sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu ke dokter sebelum menggunakan kosmetika bayi atau meminta saran jenis kosmetika bayi yang aman bagi bayi.
  • Gunakan kosmetika bayi secara benar sesuai dengan aturan yang tertera
  • Gunakan bedak dan minyak telon setelah mandi ke seluruh tubuh untuk menjaga kulit bayi dari iritasi, selain itu penggunaan minyak telon ini dapat menghidanrkan bayi dari gigitan serangga karena baunya yang menyengat yang tidak disukai oleh serangga.
  • Jangan menggunakan kosmetika yang mengandung alkohol, karena dikhawatirkan akan membuat kulit bayi lebih mudah mengalami iritasi.

Selain itu, Perawata Kulit bayi juga memperhatikan pakaian atau popok bayi juga, berikut ini adalah tips pemilihan pakaian dan popok bayi yang tepat.

  • Pilih pakaian dan popok berbahan lembut dan tipis dari bahan katun atau campurannya. Hindari bahan nilon yang umumnya membikin bayi gerah dan mudah keringatan. Kondisi ini akan mudah mengundang kuman atau bakteri yang mudah memunculkan ruam dan gatal-gatal. Jika bayi sudah bisa menggaruk, kemungkinan terinfeksi pun menjadi lebih besar.
  • Hindari pakaian dan popok yang terlalu ketat karena bisa membuat kulit bayi terluka bila lama tergesek bahannya.
  • Ganti segera pakaian bayi bila terkena kotoran. Entah itu berupa muntahan, tumpahan makanan, apalagi jika terkena feses atau air seninya. Kontak kulit dengan feses dan air seni dalam waktu lama akan menyebabkan terjadinya ruam popok.

 

author
No Response

Leave a reply "Tips Pemilihan Pakaian dan Popok Bayi Yang Tepat"