Tips Penting Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak

gosok gigiKesehatan Gigi –¬†Cara terbaik merawat kesehatan gigi anak sejak dini adalah menjaga asupan gizi mulai dari masa kandungan. Salah satu contoh yaitu bila asupan fosfor kurang, maka lapisan email gigi akan memiliki pori-pori yang besar. Hal ini akan menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut yaitu mudah rapuh dan berlubang serta munculnya masalah bau mulut.

berikut ini adalah tips penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak agar bisa tumbuh sehat.

  • BERI CAMILAN SEHAT

Kadang orang tua memberkan apa saja yang anak suka makan dengan pemikiran “mumpung ia mau makan” atau “daripada rewel”. Anda perlu menghitung kandungan gula dalam camilannya itu. Misalnya biskuit dengan filling atau topping gula atau cup cake dengan whipped cream icing. Lebih baik beri ia keripik singkong, cracker keju atau buah segar potong. Jika ingin memberi camilan manis sesekali, pilih cokelat daripada permen. Dalam memberi makan, pastikan ia mengunyah cepat dan langsung menelannya (tidak diemut).

  • SIKAT GIGI DUA KALI SEHARI

Begitu gigi pertama si kecil tumbuh (sektiar usia enam bulan), mulailah bersihkan giginya dua kali sehari dengan sikat gigi lembut khusus bayi. Begitu ia mulai mandiri, anda bisa mengajarinya menyikat gigi sendiri. Tetap awasi apakah ia sudah menggosok bagian dalam dan belakang. Biasanya, anak baru bisa menyikat gigi dengan benar pada usia tujuh tahun.

Untuk pasta gigi gunakan khusus untuk anak-anak yang mengandung separuh dari kadar fluoride. ajari anak anda untuk berkumur dan meludah. Sebisa mungkin jangan sampai ia menelan pasta gigi agar tidak terjadi fluorosis (yang dapat menyebabkan noda pada gigi)

Cara menyikat gigi yang baik adalah dengan menaruh sedikit pasta gigi pada sikat. Sikat dengan gerakan memutar dengan fokus satu bagian baru ke bagian berikutnya. Sikat bagian belakang dan gigi sampai batas gusi. Ajari si kecil meludah dan berkumur setelah selesai.

  • KUNJUNGI DOKTER GIGI

Sejak si kecil berumur satu tahun, mulailah membuta janji ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan pemeriksaan rutin, masalah-masalah gigi dapat ditangani sejak dini agar ia bisa memiliki gigi yang sehat seumur hidup

No Response

Leave a reply "Tips Penting Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak"